Diskoperindag Mentawai Tak Lagi Berwenang Razia Makanan Kadaluarsa

Diskoperindag Mentawai Tak Lagi Berwenang Razia Makanan Kadaluarsa Elisa Siriparang, Kepala Diskoperindag Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Upaya untuk mengantisipasi peredaran makanan yang habis masa pakai (kadaluarsa) di Kabupaten Kepulauan Mentawai jelang hari raya besar seperti Ramadan, Natal dan Tahun Baru, Diskoperindag Mentawai biasanya rutin melakukukan razia terhadap toko yang menjual bahan makanan untuk memeriksa kadaluarsa barang yang diperjual belikan.

Namun untuk melakukan pengecekan atau razia makanana kadaluarsa, wewenang tersebut sudah berada di Diskoperindah Provinsi Sumatera Barat, biasanya mendekati lebaran Diskoperindah Mentawai turun dengan timnya (Polres, Pol PP, Dinkes).

"Sekarang kita sudah tak punya wewenang lagi soal itu (cek makanan kadaluarsa), sudah di provinsi, kita mau saja melakukannya tetapi kita tidak berani, ada yan komplain soal wewenang nanti kita kena," kata Elisa Siriparang, Kepala Diskoperindag Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Kamis, (26/5/2019).

Kata Elisa, untuk melakukan pengecekan makanan kadaluarsa di Mentawai apalagi saat ini sudah masuk bulan Ramadhan masih menunggu koordinasi dari Diskoperindag Provinsi Sumatera Barat. "Kalau tim Diskoperindag Provinsi Sumbar sudah turun kita siap bergerak, dan kalau bisa pengecekan makanan kadaluarsa itu jangan 2 kali dalam setahun tetapi berkala, misal satu bulan 2 kali, bila perlu setiap hari," ujar Elisa.

Tak hanya melakukan razia pada makanan kadaluarsa, tetapi juga kata Elisa sekaligus mengecek harga di lapangan apalagi jelang lebaran, laporan yang diperoleh ada beberapa harga barang yang naik jelang lebaran.

"Kami cek di lapangan bahwa ada kenaikan harga yang cukup signifikan, yaktu bawang putih, kalau yang lain seperti beras, telur, cabai masih normal, bawang putih saat ini harganya capai Rp100 ribu per kilogram, harga ini sebetulnya merata naik baik di Mentawai mau pun di Padang dan daerah lain," kata Elisa.

BACA JUGA