179 Siswa SMAN 1 Siberut Selatan Terima Bantuan PIP

179 Siswa SMAN 1 Siberut Selatan Terima Bantuan PIP Sejumlah siswa SMAN 1 Siberut Selatan, Mentawai gembira menerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET-Sebanyak 179 siswa SMAN 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat meneri bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) yang disalurkan melalui Bank BNI Padang.

Kepala SMAN 1 Siberut Selatan Kristin Filiana Br. Maringga mengatakan, tahun ini yang sudah mendapat bantuan pendidikan PIP 179 siswa dengan jumlah uang bantuan bervariasi, antara Rp500 ribu, Rp1 juta hingga Rp2 juta.

"Beasiswa ini sesuai dengan aturan hanya diperuntukan untuk kebutuhan sekolah seperti beli seragam, sepatu, biaya les, atau kegiatan olahraga bukan membeli kebutuhan orang tua, membeli rokok atau yang lainnya, namun kebanyakan diperuntukkan untuk kebutuhan kelurga bukan untuk biaya sekolah," katanya pada Mentawaikita.com, Kamis (16/5/2019).

Persyaratan untuk mendapatkan PIP, harus ada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Keluarga (KK), pengasilan orang tua yang minim dan siswa sedang sekolah.

Untuk mencairkan uang bantuan tersebut dibantu pihak sekolah karena jika diurus sendiri ke Padang, biaya atau ongkosnya sangat besar, karena itu dana bantuan dipotong Rp100 ribu, jelas Kristin.

"Saya sudah dua kali menerima beasiswa ini dan uang ini akan saya gunakan untuk kebutuhan sekolah, beli sepatu, buku, dan kebutuhan sekolah lainya,dan berharap tahun depan saya dapat beasiswa lagi agar meringankan orang tua sedikit," kata Sapira, salah seorang siswa yang mendapat bantuan.

BACA JUGA