Kemarau, BPBD Mentawai Bagikan Air Bersih

Kemarau BPBD Mentawai Bagikan Air Bersih Petugas BPBD Mentawai sedang membagikan air bersih kepada warga Tuapeijat, Selasa (14/5/2019). (Foto: Dokumentasi BPBD Mentawai)

TUAPEIJAT—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai membagi-bagikan air bersih untuk warga Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu 15/5/2019).

Tuapeijat sudah dilanda kekeringan sejak pertengahan April lalu. Hujan yang tidak turun menyebabkan sumur-sumur warga mulai mengering.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mentawai Novriadi mengatakan, BPBD bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman  (DPKP) Mentawai sebagai instansi yang membidangi atau yang mengelola air bersih untuk membantu warga mendapatkan air.

“Kita bekerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, membantu masyarakat yang mengalami kekeringan, akibat dari kemarau yang cukup panjang, dimana kita menggunakan dua truk tangki air, satu dari BPBD dan satu lagi dari DPKP,” katanya Rabu (15/5/2019).

Ia menyebutkan dalam sehari pihaknya akan memberikan pelayanan sebanyak dua kali di empat titik diantaranya Kawasan Tuapejat Km 0, melayani warga Desa Tuapeijat dan sekitarnya, Kemudian di simpang Perumnas Km 2, yang melayani warga perumahan dan sekitarnya.

Selanjutnya di Km 4 dekat gereja Paniel, yang melayani warga Dusun Mapadegat dan sekitarnya, selanjutnya di sekitar pasar Ibu Km 7, yang melayani warga Desa Sipora Jaya dan sekitarnya.

“Kita memberikan pelayanan dua kali sehari yang pertama pagi pada pukul 09;00 – 11:00 Wib, kemudian pada sore harinya pada pukul 15:00 – 18:00 Wib,” ujarnya.

Novriadi menyebutkan kemarau yang panjang ini juga merupakan salah satu faktor alam dan bisa dikatakan satu bencana krisis air, untuk itu sudah menjadi tugas dari BPBD dalam menanganinya, dengan bantuan stakeholder terkait.

“ Sebetulnya ini merupakan tanggung jawab dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, namun kita akan membantu, meskipun belum begitu puas dengan pelayanan ini, kami akan terus melakukan kegiatan ini sepanjang musim kemarau masih terjadi,” katanya. 

BACA JUGA