Kemarau, Warga Mandi Pakai Air Galon

Kemarau Warga Mandi Pakai Air Galon Salah satu sumur warga yang kering di Km 5 Tuapeijat, Sipora Utara, Mentawai, Sumatera Barat. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-- Sejak musim kemarau pada pertengahan bulan April lalu banyak sumur warga di Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat kering total, bahkan tampak sumur warga kosong tak berair.

Sumur kering dan tidak ada hujan menyebabkan warga terpaksa mandi menggunakan air galon isi ulang. Salah satunya rumah kos di Km 5 Tuapeijat.

“Kalau di kos airnya habis total, jadi kami kalau mandi numpang di tempat tetangga yang ada air, sekarang punya tetangga juga sudah mulai kering, sudah tidak ada tempat mengadu, rencana sore numpang tempat teman yang ada air lagi, kalau paginya pake air galon segayung dua gayung dicukup- cukupkan saja,” kata Marlina Sanna, salah seorang anak kos, Selasa (14/5/2019).

Dikatakannya, pemilik kos pun bingung mesti cari air di mana, sudah beberapa kali minta tolong namun sampai saat ini belum ada respon, bahkan di tempat Marlina bekerja pun sudah tak ada air.

“Di kantor kami juga sudah tidak ada air, mau minta tolong dengan supir tank tapi tidak bisa karena terkait tank tersebut punya kantor, jadi beginilah,”ungkapnya.

Tak hanya Marlina Sanna saja, Andi harus menggali sumur baru akibat air di sumur lamanya sudah kering. Ia menyampaikan rela membayar mahal untuk membuat sumur baru demi mendapatkan air.

“Sudah berapa kali gali sumur tapi tidak ada air, baru yang ketiga ini ada airnya sedikit, tapi tak apalah masih bisa untuk digunakan dan disaring. Saya bayar upahnya ini yang gali, habis hampir Rp3 juta,”ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan, bahwa sebelumnya dirinya juga mandi menggunakan air galon, sekali mandi bisa sampai dua galon, sebab istrinya juga serta anaknya yang masih berusia balita mesti mandi setiap hari.

“Pagi mandi pakai air galon, sekali mandi habis dua galon, karena satu galon itu bisa satu ember, ada lagi anak, tapi kalau saya sore hanya cuci muka sama sikat gigi saja, kecuali anak saya harus mandi, bahkan saya pernah cari air sampai di SP 3,” katanya. 

BACA JUGA