Ini Penyebab Siswa SMAN 2 Sipora Belum Dinyatakan Lulus 100 Persen

Ini Penyebab Siswa SMAN 2 Sipora Belum Dinyatakan Lulus 100 Persen Sebagian siswa SMAN 2 Sipora yang telah dinyatakan lulus (Foto : Dok.SMAN 2 Sipora)

TUAPEIJAT—SMAN 2 Sipora, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai belum menyatakan siswanya lulus 100 persen pada saat pengumuman kelulusan Senin (13/5/2019).

 “Kalau kelulusan siswa SMAN 2 Sipora ini 100 persen, tapi masih ada yang lulus bersyarat, karena ada beberapa nilai yang mesti diperbaiki, jadi belum bisa kita nyatakan lulusnya 100 persen,” kata Kepala SMAN 2 Sipora, Helimursida yang ditemui MentawaiKita.com di ruang kerjanya Senin (13/5/2019).

Helimursida mengatakan, dari 174 siswa SMAN 2 Sipora yang ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sebanyak 6 orang mesti memperbaiki nilainya. Sebab kata Helimursida, kelulusan SMA ditentukan pada nilai Ujian Akhir Sekolah Nasional Berbasis Komputer (UASNBK), jika ada salah satu mata pelajaran yang belum tuntas harus segera diperbaiki jika anak yang bersangkutan ingin lulus. Pihak sekolah akan memanggil orang tua untuk memberi tahu bahwa siswa bersangkutan belum bisa menerima surat kelulusannya.

“Sekitar enam orang yang memperbaiki nilainya, makanya saat pengumuman hasil kelulusan, bagi yang memperbaiki nilai itu hanya kita surati orang tuanya, agar datang ke sekolah supaya kita sampaikan bahwa anak yang bersangkutan sedang memperbaiki nilainya, tapi bukan berarti tidak lulus ya, kalau sudah tuntas semuanya, baru kita nyatakan lulus, karena dinas menyerahkan ke kita, dan sekolah yang menentukan kelulusan siswa,” jelasnya.

Selain menyampaikan kelulusan, sekolah melarang siswa-siswinya ugal-ugalan, konvoi serta corat-coret baju, untuk menghindari hal itu, sekolah mengumumkan hasil kelulusan siswanya pada sore hari sekira pukul 16.00 WIB.

“Kita juga sampaikan kepada anak-anak bahwa tidak ada konvoi atau corat-coret baju, bahkan ini dari dinas pun mengingatkan kita hal ini,” Ujar Helimursida.

Baca : Tiga Sekolah di Mentawai Lulus Ujian Nasional 100 Persen

Ia menyebutkan, nilai tertinggi belum dirangking, sebab dari dinas terkait menyerahkan hasil kelulusan hanya global, dan tidak diberi peringkat. “Kalau nilai tertinggi belum kita rangking, karena ini yang diberikan dinas acak, jadi belum bisa kita tentukan mana yang tinggi nilainya dan mana yang rendah,” ujarnya.

Berbeda dengan SMAN 2 Sipora, siswa SMAN 2 Sikakap, Kecamatan Sikakap pada tahun ini yang berjumlah 45 orang dinyatakan lulus 100 persen.

"Belajar dari pengalaman Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2017/2018 dimana sebanyak 12 siswa kelas XII SMAN 2 Sikakap tidak lulus UN, berdasarkan pengalaman tersebut maka pihak sekolah targetkan kelulusan siswa kelas XII tahun ajaran 2018/2019 lulus 100 persen, untuk mencapai kelulusan tersebut maka pihak sekolah di bulan Februari sampai akhir Maret mengadakan jam belajar sore bagi siswa kelas XII yang akan mengikuti UN bulan April, berkat kerja keras pihak siswa, guru, orang tua dan wali murid maka UN sekarang kita berhasil luluskan 100 persen siswa," kata Kepala SMAN 2 Sikakap, Yunalwis kepada MentawaiKita.com, Selasa (14/5/2019).

Baca : Siswa SMAN 1 Pagai Utara Selatan Coret Baju Rayakan Kelulusan

Yunalwis menyayangkan sebab seluruh siswa yang didaftarkan ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak ada yang lulus. (toro/spr).


BACA JUGA