Kemdikbud Bangun Ruang Praktikum Listrik SMKN 3 Mentawai Tahun Ini

Kemdikbud Bangun Ruang Praktikum Listrik SMKN 3 Mentawai Tahun Ini Siswa SMKN 3 Mentawai melakukan praktik instalasi listrik (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

PANATARAT-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membangun satu ruang praktikum untuk jurusan listrik di SMKN 3 Mentawai, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Juni tahun ini.

Pembangunan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN 2019 senilai Rp421 juta.

Kepala SMKN 3 Mentawai, Ekinaldi mengatakan, pembangunan akan dimulai pada Juni mendatang dengan ukuran 9 x 12 meter.

“Saya sudah menandatangani MoU (nota kesepahaman) ke Kemdikbud di Jakarta, menunggu anggaran cair kerja dimulai paling setelah lebaran sekira tengah Juni mendatang kalau alat pratikum pihak Kemendikbud yang menyediakan, pihak sekolah menerima saja,” katanya kepada MentawaiKita.com, Senin (13/5/2019).

Ekinaldi menyebutkan, sekolahnya terdiri dari 4  jurusan yaitu jurusan perikanan, jurusan teknik  bangunan dan jurusan teknik listrik dan tahun ajaran 2019/2020 ditambah satu lagi jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Dari 4 jurusan itu, ruang praktikum  jurusan perikanan sudah ada dan beserta peralatannya dibangun pada 2018 berukuran 8 x 30 meter persegi yang berasal dari anggaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp1,08 miliar. Ruang praktikum jurusan teknik bangunan juga telah ada yang dibangun Kemdikbud pada 2016 dan pada tahun ini untuk jurusan listrik.

“Mudah-mudahan tahun depan dapat bantuan untuk ruang praktik teknik sepeda motor biar lengkap,"ujarnya.

Martogi Simalango, salah satu tenaga pengajar jurusan teknik listrik dan teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 3 Mentawai menyebutkan, kebutuhan untuk praktikum siswa jurusan listrik yaitu perangkat motor listrik 1 pasa dan 3 pasa, generator, panel listrik, komponen-komponen listrik dan alat-alat ukur listrik digital maupun analog (manual).

“Mudah-mudahan alat praktikum yang dibantu oleh Kemdikbud untuk sekolah ini mencukupi sesuai kebutuhan untuk praktik siswa  nantinya," ujarnya

Sementara alat praktik untuk jurusan teknik bisnis sepeda motor berupa bike lfe, kunci- kunci reng, pas dan shok, kompresor, alat ukur digital dan analog, hidrolik pengangkat sepeda motor, silinder gauge, dial indikator, multi tester, diagnosi elektrik fuel injection (efi), mikro meter dan lainnya. 


BACA JUGA