Tiga Sekolah di Mentawai Lulus Ujian Nasional 100 Persen

Tiga Sekolah di Mentawai Lulus Ujian Nasional 100 Persen Siswa SMAN 1 Siberut Selatan memperlihatkan pemberitahuan kelulusan dari sekolah (Foto : Hendrikus/MentawaiKita.com)

PANATARAT—Wajah Verawati, siswa SMKN 3 Mentawai jurusan perikanan itu langsung ceria setelah membuka amplop berisi surat keterangan lulus atau tidak lulus dari sekolah. Di dalam surat tersebut Verawati dinyatakan lulus pada Ujian Nasional (UN).

“Saya sangat gembira sekali dan juga teman-teman yang lainnya,” katanya kepada MentawaiKita.com, Senin (13/5/2019).

Dibalik kegemberian Verawati muncul keraguan dirinya akan melanjut kuliah sebab biaya tidak ada. Namun ia berpikir positif sebab masih ada kesempatan memperoleh beasiswa dari Katolik untuk diterima kuliah di dua universitas yakni Universitas Soegija Pramata Semarang dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

“Kami ada tiga orang berasal dari SMKN 3 Mentawai dari Matobe Sarere  ikut tes di Yayasan Santo Petrus di Tuapeijat pada 4 Mei yang lalu, tetapi kami ketiganya tidak sesuai dengan bidang jurusan  perikanan di SMK, kami bertiga memilih jurusan pendidikan Sastra Inggris, harapan kami dapat diterima kuliah beasiswa dari Kaatolik jika kami  tidak lulus, maka  peluang kuliah di Universitas lain secara mandiri tidak ada biaya," ujarnya.

Terkait kelulusan, Kepala SMKN 3 Mentawai Kecamatan Sikakap, Ekinaldi mengatakan, sebanyak 51 siswa SMK yang terdiri dari jurusan teknik bangunan sebanyak 11 siswa, teknik listrik berjumlah 15 orang dan jurusan perikanan berjulan 25 orang dinyatakan lulus 100 persen pada UN.

“Harapan kita kepada siswa untuk melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi ataupun mereka memilih untuk bekerja, mana tahu ada peluang di perusahan atau intansi lain, siswa lulusan dari sekolah ini ketiga jurusan ada sertifikat kompetensi  dimiliki siswa,” katanya.

Selain SMKN 3 Mentawai, siswa SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara yang berjumlah 36 siswa juga dinyatakan lulus 100 persen.

"Sesuai dengan hasil rapat majelis guru  hari ini Senin 13 Mei dari 36 siswa SMAN 1 Pagai Utara yang mengikuti UNKP dinyatakan lulus 100 persen, selain itu tahun ini merupakan perdana bagi SMAN 1 Pagai Utara mendaftarkan siswa kelas XII masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari 36 siswa yang kita daftarkan secara online masuk SNMPTN hanya satu yang lulus atas nama Asrelius Juni di Universitas Negeri Padang (UNP) dengan jurusan Pendidikan Sejarah," kata Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko di hari yang sama.

Nofik Afriko menyebutkan, pengumuman hasil kelulusan UNKP terpaksa kita tunda hari ini karena mengingat tempat tinggal siswa kita jauh dari sekolah, sesuai dengan kesepakatan maka hasil kelulusan UNKP akan diumumkan besok pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (14/5/2019).

Di SMAN 1 Siberut Selatan, Mentawai, sebanyal 189 siswa juga dinyatakan lulus berdasrkan hasil UN dan keputusan sekolah.

Kepala SMAN 1 Siberut Selatan, Kristin Filiana br.Maringga mengatakan, sesuai dengan hasil dan kesepakatan sekolah, sebanyak 191 yang terdaftar pertama namun karena dua orang hamil di luar nikah maka jumlah siswa yang lulus tahun ini berjumlah 189 siswa.

"Jadi semua siswa lulus 100 persen tidak ada yang tidak lulus dan nomor kelas 12 sudah diterima pada hari ini dengan wali kelas masing masing lokal," kata Kristin.

Ia menyebutkan, beberapa siswanya telah mendaftar calon prajurit angkatan laut, polisi, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

"Saya berharap yang sudah lulus 100 persen tahun ini bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena Mentawai dan sekolah masih membutuhkan sumber daya manusia(SDM) dan berharap kepada orang tua juga agar bisa bekerja sama di luar sekolah supaya mengontrol anak-anaknya khususnya anak-anak asrama yang jauh dari orang tua, dan nanti juga guru bimbingan konseling berfungsi, agar mengarahkan anak-anak," katanya. (leo/spr/hd)


BACA JUGA