Pemdes Saibi Samukop Segera Tetapkan 12 Kadus Defenitif Bulan Ini

Pemdes Saibi Samukop Segera Tetapkan 12 Kadus Defenitif Bulan Ini Wilayah Simoilalak Desa Saibi Samukop. (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP-Pemerintah Desa Saibi Samukop, Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai segera menetapkan 12 Kadus definitif bulan ini dengan sistem penunjukan langsung.

Sebanyak 12 Kadus tersebut, Kadus Masoggunei, Simabolak, Pangasaat, Sua, Totoet, Sibuddaoinan, Simoilalak, Siruamonga, Masokut, Mauku, Sirisurak dan Uselat yang masa jabatan kadus lama berakhir Februari tahun ini.

Kepala Desa Saibi Samukop Binsar Saririkka mengatakan penunjukan 12 kadus definitif akan segera dilakukan pada Mei ini yang seharusnya sudah terlaksana Februari lalu. “Sekitar tanggal 15, bulan ini kita akan tetapkan 12 Kadus ini, Februari kemarin karena jelang proses Pemilu kita tunda dulu, jadi kini kita selesaikan proses ADD ini lalu kita tetapkan kadusnya,” ujarnya pada Mentawaikita.com, Kamis  (9/5/2019).

Kades menyebutkan karena ditundanya penunjukan 12 Kadus untuk sementara sebelum ada kadus, baru dijabat PLT Kadus di 12 dusun dan jabatan PLT akan berakhir setelah ada Kadus definitif.

Dijelaskan Kades, calon Kadus yang sudah mendaftar sudah ada dalam dusun ada 4-5 Calon yang akan diseleksi bersama tim panitia penjaringan calon kepala dusun. “Memang penunjukan langsung itu hak kita sebagai Kades tapi bersama tim, kita tetap mengundang tokoh masyarakat untuk melakukan penilaian juga dan kita tetap mengundang calon kadus ini semuanya, kalau gambarannya kita sudah kantongi nama-nama yang jadi kadus di 12 Dusun ini," ucapnya.

Namun untuk proses penjaringannya calon kadus tersebut, tambah Kades, banyak dari kalangan warga untuk dilakukan pemilihan dan tidak melalui penunjukan. “Dipilih langsung warga tidak boleh karena nanti melanggar aturan, tetap kita tunjuk langsung yang dipertimbangkan juga tokoh-tokoh masyarakat, jadi penetapannya sudah pasti dibulan ini,” tuturnya.

BACA JUGA