Program ADD Tahun Ini di Saibi Samukop Masih Prioritaskan Infrastruktur Desa

Program ADD Tahun Ini di Saibi Samukop Masih Prioritaskan Infrastruktur Desa Kantor Desa Saibi Samukop di wilayah Kecamatan Siberut Tengah. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP -Program ADD tahun ini di Desa Saibi Samukop, Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai masih tetap prioritaskan kegiatan fisik infrastuktur desa.

Kepala Desa Saibi Samukop Binsar Saririkka mengatakan jumlah ADD tahun ini Rp4,6 miliar, terjadi peningkatan dari tahun lalu hanya Rp4,2 miliar, bertambah Rp400 juta dengan pembagian 70 persen fisik dan 30 persen pemberdayaan, khusus anggaran fisik mencapai Rp2,5 miliar.

"Pembagunan fisik infrastruktur desa masih mendominasi kegiatannya, karena wilayah dusun kita secara geografis berpencar-pencar dari pedalaman dan pesisir hingga kurang cepat kita jangkau dengan pembagunan yang membuat kita terus lakukan pembenahan,"ujarnya pada MentawaiKita.com, Kamis (9/6/2019) 

Selain fisik, dijelaskan Binsar, sesuai Peraturan Menteri No 20 tahun 2018 tentang prioritas pembagunan desa,mengarah ke pendidikan dengan sasaran peningkatan tenaga guru Paud, kesehatan berupa peningkatan kapasitas pelayanan Kader Posyandu dan peningkatan perekonomian melalui kelompok. 

“Semua sudah kita anggarkan, meski itu tidak memadai.Pendidikan itu sasaran ke guru-guru Paud karena insentifnya sudah diputuskan Pemda yang dibebankan ke desa, bidang kesehatan termasuk makanan tambahan anak-anak dan ekonomi ke kelompok yang benar-benar punya kegiatan yang harus kita pastikan melalui survei kelompoknya, agar dana ini tepat sasaran,"ucapnya.

Proses pencairan dana hingga pelaksanaan kegiatan, Binsar menyebutkan RKP sudah ditetapkan dengan pembahasan APBDes, hingga kini sudah memasuki tahapan evaluasi di kecamatan seperti standar harga dan biaya material serta upah kerja 30 persen dari pagu Fisik. “Bulan ini kita akan ke Tuapeijat hingga pencairan dan pelaksanaan kegiatan kita akan coba pacu secepatnya," tuturnya.

BACA JUGA