Wahyu, Bocah Penderita Tumor Mata dari Mentawai Butuh Bantuan

Wahyu Bocah Penderita Tumor Mata dari Mentawai Butuh Bantuan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar (kaos putih hitam) mendampingi Wahyu (tengah, kemeja coklat) konsultasi dengan dokter spesialis mata. (Foto: dokumentasi Lahmuddin)

PADANG--Karena keterbatasan ekonomi, Damianus Sapelegi, keluarga Wahyu Parnabas Sapelegi (4), bocah penderita pembengkakan pada mata sebelah kanan dari Dusun Simalibbeg. Desa Simatalu. Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai butuh bantuan.

"Kalau masalah biaya berobat Wahyu Parnabas Sapelegi sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, yang dibutuhkan keluarga sekarang adalah bantuan dari donatur untuk biaya hidup selama prosesi pengobatan di Padang, bagi yang ingin menolong silahkan berikan langsung ke bapak Damianus Sapelegi orang tua Wahyu Parnabas Sapelegi, bisa hubungi langsung di nomor hp 081325268248," kata Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (8/5/2019).

Menurut dia, sebelum dirujuk di RSUP M Djamil Padang, Wahyu dirujuk dari Puskesmas Simatalu ke RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tuapejat. “Untuk mendapatkan pengobatan maksimal maka kita Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai beserta RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai merujuk Wahyu ke RSUP M Jamil Padang sejak 2 Mei,” tambah Lahmuddin.

Di RSUP M Djamil Padang, Wahyu langsung ditangani dokter spesialis anak, dokter spesialis mata, dokter anestesi, dan dokter radiologi. Selama berobat di Padang, Wahyu telah mendapatkan pelayanan rawat jalan di dua rumah sakit yakni RSUP M Jamil dan RSKM Regina Eye Center.

Selama berobat Wahyu telah mendapatkan tujuh kali pemeriksaan yakni lima kali dengan dokter spesialis mata, satu kali dengan dokter spesialis anak, dan satu kali dengan dokter spesialis anestesi.

“Untuk memastikan sakit mata apa yang diderita Wahyu maka diadakanlah uji laboratorium atau rontgen, setelah hasil laboratorium atau rontgen keluar Wahyu kembali diperiksa dokter spesialis mata (sub spesial tumor dan kornea bedah refroktif) di RSUP M Djamil Padang,” katanya.

Hari ini, Wahyu akan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak sesuai dengan rekomendasi dari dokter spesialis mata, bahwa Wahyu sebelum dilakukan operasi terlebih dulu dilakukan tindakan kemoterapi.

"Kalau masalah biaya pengobatan Wahyu sudah ditanggung BPJS Kesehatan, karena lamanya proses pengobatan dan melihat ekonomi keluarga maka pihak keluarga sangat membutuhkan sekali bantuan dari donatur untuk biaya hidup selama berobat di Padang, mari kita bersama-sama berdoa dan berupaya semaksimal mungkin supaya Wahyu Parnabas Sapelegi diberikan kekuatan menjalani semua proses pengobatannya dan Allah Tuhan yang Maha Esa memberikan kesembuhan kepada Wahyu Parnabas Sapelegi," katanya.

BACA JUGA