Pertama Kali Pelantikan Kepala Sekolah Dilakukan di Wilayah Desa

Pertama Kali Pelantikan Kepala Sekolah Dilakukan di Wilayah Desa Pelantikan kepala sekolah SD dan SMP se-Siberut Utara Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Demi mendekatkan dunia pendidikan di tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melantik kepala sekolah SD dan SMP di wilayah pemerintah desa. Bila sebelumnya pelantikan dilaksanakan di kabupaten atau di tingkat kecamatan.

"Ini dalam rangka mendekatkan pemimpin di tengah masyarakat. Agar masyarakat tahu siapa yang menjadi pemimpin pendidikan di wilayah mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Oreste Sakeroe pada Mentawaikita.com, Selasa, 7 Mei 2019.

Misalnya untuk pelantikan kepala sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Siberut Utara yang dilaksanakan di SMPN 3 Siberut Utara yang ada di Desa Sotboyak Kecamatan Siberut Utara pada Selasa, 7 Mei 2019.

Kepala sekolah yang dilantik pada Selasa, 7 Mei 2019 yaitu Kepala SMPN 3 Siberut Utara yang ada di Sotboyak dipegang Yudas Imo. Yudas Imo sebelumnya menjabat sebagai kepala SMPN 2 Siberut Utara yang ada di Sirilogui. Di SMPN 2 Siberut Barat yang ada di Desa Sigapokna dipegang Palentina Sabebegen. Sebelumnya Palestina bertugas sebagai guru di SMPN 2 Sipora.

Untuk jabatan kepala SD, Amsal Basar Saerejen menjabat sebagai kepala SDN 09 Muara Sikabaluan. Sebelumnya, Amsal Basar Saerejen bertugas sebagai guru di SDN 03 Sotboyak. Inneke Erawati yang sebelumnya menjabat sebagai kepala SDN 09 Muara Sikabaluan dipindahkan sebagai kepala SDN 08 Muara Sikabaluan.

Selain posisi kepala sekolah yang definitif, juga dilantik sebagai Plt kepala sekolah di beberapa sekolah. Diantaranya Bermen Alfa Edison sebagai Plt. Kepala SMPN 4 Siberut Utara yang ada di Malancan. Sebelumnya Bermen Alfa Edison menjabat sebagai kepala SMPN 2 Siberut Barat. Meli, diangkat sebagai Plt. Kepala SMPN 2 Siberut Utara yang sebelumnya sebagai guru di SMPN 2 Siberut Utara. Syukur Pintalius Zebua sebagai Plt. Kepala SDN 02 Sigapokna yang sebelumnya sebagai guru di SDN 02 Sigapokna. Gilber yang sebelumnya sebagai guru di SDN 07 Sirilogui dilantik sebagai Plt. Kepala SDN 07 Sirilogui.

Jalimin Sirirui, Kepala Desa Sotboyak mengatakan ditunjuknya Sotboyak sebagai tempat pelantikan kepala sekolah SD dan SMP di wilayah kerja korwil pendidikan Siberut Utara menjadi sejarah dan sebuah penghormatan bagi masyarakat Sotboyak.

"Ini sejarah bagi Desa Sotboyak akan adanya pelantikan kepala sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Siberut Utara dan ini menjadi suatu kehormatan bagi kami selaku pemerintah desa dan masyarakat," katanya.

Selain pelantikan kepala sekolah, juga dilakukan peresmian SMPN 3 Siberut utara dan pemberkatan bagunan yang ada. Berdasarkan laporan Yacinta Saleleubaja, Plt kepala SMPN 3 Siberut Utara mengatakan pembangunan gedung dimulai pada 2016 dengan adanya bantuan dari Kementerian Pendidikan. Bantuan pembangunan dari Kementerian pada saat itu tiga RKB, satu aula dan MCK. Pada tahun 2016 juga masuk pembangunan tiga RKB dari DAK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai. Pada 2018, kembali masuk pembanguna gedung labor IPA dan gedung perpustakaan dari DAK Dinas Pendidikan Mentawai.

"Kita berharap dengan adanya kepala sekolah definitif akan masuk pembangunan rumah dinas guru karena selama ini guri hanya numpang dirumah masyarakat dan juga membuat pondok sendiri," katanya.

BACA JUGA