Lanal Mentawai Adakan Fun Bike Pertama di Mentawai

Lanal Mentawai Adakan Fun Bike Pertama di Mentawai Bupari Mentawai Yudas Sabaggalet melepas peserta Fun Bike di Tuapeijat. (Foto: Toro/Mentawaikita.com)


TUAPEIJAT- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mentawai adakan Fun Bike pertama di Kepulauan Mentawai, kegiatan melibatkan peserta sebanyak 80 orang ini, berasal dari berbagai daerah yang ada di Pulau Jawa, bahkan ada juga tim gowes dari Bogor, Pekanbaru, Riau, Padang, Bandung dan Aceh, ikut meramaikan kegiatan tersebut Jumat (27/4/2019).

Lanal Mentawai Introduces Uphill Track gowes Fun Bike ini start dari dermaga Tuapeijat Km 0, Sipora Utara dan finish di Dusun Katiet, Kecamatan Sipora Selatan. Kegiatan ini memiliki keunikan tersendiri, sebab peserta akan melewati track yang ekstrim sepanjang jalan pulau sipora dengan jarak kurang lebih 100 Kilometer.

“Saya mencoba track disini (Mentawai), katanya sangat menantang, makanya kita mau datang mencoba  tantangan baru yang berbukit seperti yang ada di Jawa Barat,” kata Alitom, salah seorang peserta asal Bogor.

Ia mengungkapkan sebelum ke Mentawai, ia sudah melihat Mentawai melalui Youtube, sehingga dia tertarik untuk datang ke Mentawai mencoba track yang menantang, tak hanya itu bahkan di Youtube dirinya mempelajari tracknya. “Kalau untuk daerahnya bagus, sejuk, tenang, alamnya masih alami,” ujarnya.

Ia juga mengatakan jika ada kesempatan dirinya akan kembali untuk melakukan track di Mentawai, namun katanya akan mencoba terlebih dahulu track di Mentawai, sebab baru pertama ke Mentawai, “kalau dari Bogor saya sendiri saja, kalau kami di bogor punya komunitas juga, namanya Gosan (Gowes Santai) Bike, anggotanya lebih dari 50 orang,” ungkap Alitom.

Alitom sudah sering mengikuti event-event selama di menggeluti olahraga Bike, bahkan tingkat Nasional pernah diikutinya di Mentawai merupakan yang kesekian kali. “Uda dua puluh lebih kita mengikuti event, mulai dari event daerah sampai Nasional. Kalau ini bukan event Nasional Karena tidak diikuti oleh para atlet,” katanya.

Lebih lanjut disebutnya, track yang disukainya yang punya tanjakan serta penurunan, sebab dikatakannya semakin ekstrim tracknya, semakin baik. 


BACA JUGA