10 Kotak Surat Suara di PPK Siberut Utara Rusak

10 Kotak Surat Suara di PPK Siberut Utara Rusak Polisi mengawal kotak suara dari PPS Bojakan yang rusak akibat hujan selama pendistibusian. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Sepuluh kotak surat suara pada pemilihan umum presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif 2019 di wilayah PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Siberut Utara rusak. Sepuluh kotak surat suara itu di TPS 02 Bojakan dan TPS 03 Bojakan. 

"Lima kotak surat suara sudah tidak bisa diselamatkan. Sementara lima lainnya diikat dengan tali dari semak agar bisa dibawa,”  kata Nahason, Komisioner PPK Siberut Utara pada Mentawaikita.com, Minggu (21/4/2019).

Lebih lanjut dikatakan Nahason, dari tiga TPS yang ada di wilayah PPS Bojakan, kotak surat suara yang masih utuh yaitu kotak surat suara di TPS Bojakan, sementara di TPS Lubaga dan Bai' hancur karena hujan saat diangkat dari PPK ke PPS dan KPPS. 

"Apalagi kondisi saat berengkat hujan membuat kotak surat suara rusak. Namun untuk surat suara dan hasil rekap aman", katanya. 

Bripda Bernardinus petugas pengamanan pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif di Bai' mengatakan kotak surat suara mulai rusak saat dibawa dari PPK menuju PPS karena selama perjalanan dari PPK ke PPS menggunakan perahu pompong dalam kondisi cuaca hujan. 

"Apalagi dari PPS ke TPS dimana kotak surat suara disandang karena melewati sungai dan bukit dengan jalan kaki", katanya. 

Meski kotak suara rusak, namun kertas surat suara dapat diselamatkan bersama formulir rekapitulasi tingkat TPS dan PPS. "Lima kotak surat suara hancur dan tidak terpakai. Lima lagi rusak dan diikat dan lima utuh dari TPS Bojakan,” katanya.

BACA JUGA