Jakop Saguruk Pimpin Suara Sementara Pileg di Siberut Utara

Jakop Saguruk Pimpin Suara Sementara Pileg di Siberut Utara Jakop Saguruk saat dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Mentawai pada tahun 2017 menggantikan posisi Kortanius Sabaleake yang menjabat Wakil Bupati Mentawai. (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN -Jakop Saguruk, calon legislatif dari Partai Golongan Karya (Golkar) untuk sementara waktu memimpin perolehan suara pada pemiliham legislatif 17 April 2019 di wilayah Kecamatan Siberut Utara. Perolehan suara pribadi sementara diposisi 702 suara dari berita acara pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum tahun 2019 dari C1 KPU dari saksi, Panwaslu kecamatan dan data lapangan Mentawaikita.com. 

"Kita sudah di posisi aman. Ini belum suara dari kecamatan lainnya", kata Jakop saat dihubungi Mentawaikita.com, Sabtu, (20/4/2019).

Jakop Saguruk, saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Mentawai pada pemilihan umum memperoleh suara disetiap TPS yang ada di Kecamatan Siberut Utara. Di PPS Muara Sikabaluan yang terdiri dari 8 TPS memperoleh 100 suara, di PPS Monganpoula yang terdiri dari 4 TPS berhasil mengumpulkan 61 suara. 

Di PPS Sotboyak yang terdiri dari tiga TPS mendapat 33 suara, di PPS Sirilogui yang terdiri dari 4 TPS mengumpulkan 17 suara, di PPS Bojakan yang terdiri dari tiga TPS berhasil mengumpulkan 98 suara. terakhir di PPS Malancan berhasil mengumpulkan 127 suara. 

"Ini berdasarkan kinerja dan kehadiran caleg di tengah masyarakat. Apalagi posisinya sebagai anggota DPRD Mentawai aktif dalam setiap kunjungan dimasyarakat. Ini yang dilihat", kata Berman Kiniu Samanjolang, ketua Pimpinan Kecamatan Partai Golkar Siberut Utara, Minggu (21/4/2019)

Untuk di posisi kedua sementara di Siberut Utara yaitu Joni Kusma dari Partai Perindo dengan perolehan 383 suara. Joni Kusma mendulang banyak suara di empat TPS Sirilogui. Pada posisi ke tiga yaitu Jamal Erib dari partai Perindo sebanyak 295 suara dengan basis perolehan suara terbanyak di Desa Malancan. 

Pada posisi ke empat sementara yaitu Herlin Roiko dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan perolehan suara 281 suara. Herlin Roiko mendulang suara di kampung halamannya di Desa Sirilogui. Sementara yang berada di posisi lima yaitu Santo Sirijoroujou sebanyak 279 suara. Santo Sirijoroujou mendulang suara di TPS Pokai dan TPS Lubaga, Bai'. 

Untuk posisi sementara diurutan enam yaitu Melki Sapolenggu dari partai Hanura dengan 245 suara. Sementara Bruno Guimek Sagalak dari Partai Nasdem yang memiliki lumbung suara di Kecamatab Siberut Barat ikut mencuri suara pemilih di Kecamatan Siberut Utara, khususnya TPS Lubaga dan Bai'dengan 220 suara. 

Edi Kuswoko Paulus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berada pada posisi delapan dengan perolehan suara sementara 214 suara. Pada posisi sembilan yaitu Semseri dari Partai Demokrat dengan perolehan suara sementara 170 suara. Pada posisi sepuluh yaitu Maru dari Partai Gerindra dengan perolehan suara sementara 160 suara. 

Namun semuanya itu data sementara, Panitia Pemilihan Kecamatan Siberut Utara belum melakukan rekap suara dari PPS, rencanya akan dilakukan pada hari Senin atau Selasa.

BACA JUGA