Banyak Salah Isi, KPPS Siberut Tengah Masih Perbaiki C1

Banyak Salah Isi KPPS Siberut Tengah Masih Perbaiki C1 Petugas KPPS Siberut Tengah sedang memperbaiki C1 yang salah isi. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Rekap hasil suara Pemilu di tingkat KPPS di Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak Kamis (18/4) hingga Sabtu (20/4) masih perbaikan C1. Pantauan Mentawaikita.com, rekap suara tersebut tidak lagi dilakukan di TPS masing-masing tapi di Sekretariat PPS dan PPK. Perbaikan yang dilakukan KPPS karena ada kesalahan pengisian Dokumen C1 seperti jumlah DPT-DPK yang tidak sesuai jumlah pengguna hak pilih.

Ketua Panwaslu Kecamatan Siberut Tengah Parlindungan Sakerengan mengatakan meski rekap perbaikan C1 masih sedang berlangsung namun pengawasan terus dilakukan agar perbaikan C1 KPPS cepat selesai. "Yang kita inginkan lebih cepat lebih baik, kita tidak terlalu mamaksa agar KPPS cepat selesaikan, nanti nyatanya masih ada yang salah,dan ini masih dapat dimaklumi," ujarnya.

Banyaknya perbaikan pengisian dokumen tersebut, dijelaskan Parlindungan akan tetap mendorong KPPS untuk menyelesaikan tugasnya tanpa adanya persoalan. "Kita juga tidak bisa salahkan mereka, inilah kurangnya Bimtek hingga mereka kurang paham pengisian," tuturnya.

Meski rekap masih dilakukan KPPS, Divisi Hukum dan Penindakan, Pelanggaran Panwaslu Kecamatan Siberut Tengah Darno Libra Sabettliakek menambahkan rekomendasi Panwaslu hanya pengawasan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan. "Kalau untuk menghitung ulang mungkin tidak mengarah kesitu,yang jelas kita awasi dan tunggu hasil perbaikannya" ujarnya.

BACA JUGA