Peringati Paskah, GKPM Peniel Km 4 Gelar Pawai Obor

Peringati Paskah GKPM Peniel Km 4 Gelar Pawai Obor Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake membuka pawai obor GKPM Peniel Km 4 untuk memperingati Paskah. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT- Ratusan umat Kristiani jemaat Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) Peniel Km 4 Mapaddegat melakukan pawai obor memperingati Paskah, pawai tersebut diikuti mulai dari anak-anak sampai dewasa, yang dilaksanakan subuh pukul 05.00 WIB, Minggu (21/4/2019).

Pawai dimulai dari Kantor Bupati Km 5 sampai Km 4 tepat di Gereja Peniel yang dibuka oleh Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake.“Pemerintah harus mendukung semua kegiatan keagamaan, apakah itu Muslim yang melakukan pawai, atau Kristen karena pemimpin agamalah yang membuat kontribusi sehingga daerah ini aman dan damai,” kata Kortanius saat ditanya.

Sebab jelas Kortanius, tokoh agama mampu memberikan arahan-arahan kepada umatnya saat berkotbah di tempat ibadah masing-masing, dan tentunya dapat dirasakan bagi semua orang. “Kita membangun kedamaian dari pelayan Tuhan, siapapun yang datang datang di tanah Mentawai harus menulari kedamaian, siapa yang membangun kebencian harus keluar, karena yang kita yakini adalah pembawa damai, karena damai itu gampang disebutkan namun mahal,” ujarnya.

Menurutnya, kalau kita tidak ada  kedamaian, maka tidak ada orang yang datang ke Mentawai, seperti pedagang, penjual, pembangunan, termasuk guru, perawat, atau dokter.

Sementara Sekjen Kantor Pusat Gereja Kristen Protes Mentawai, Pendeta Binsar Parlindungan menyampaikan dalam rangka momen Paskah tahun ini, mengajak umat seiman agar mampu membangun kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

“Bagaimana ini semua kita implementasikan lewat karya-karya kita, sehingga melalui kita bisa percaya, seluruh jemaat Tuhan tanpa terkecuali, mari kita membangun kedamaian, membangun persatuan, sehingga kedeoan tidak ada lagi perpecahan, tidak ada lagi lawan, namun kita semua adalah sahabat dalam membangun persekutuan,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kebangkitan di hari Paskah ini merupakan kebangkitan bersama, membangun kebersamaan, membangun kekuatan di dunia, dimana saat ini merupakan bukti semangat dari umat GKPM Tuapeijat.

BACA JUGA