Tak Ingin Golput, Ratusan Warga Mentawai Pulang Kampung Buat Nyoblos

Tak Ingin Golput Ratusan Warga Mentawai Pulang Kampung Buat Nyoblos Penumpang yang memadati Pelabuhan Tuapeijat untuk pulang kampung ke Siberut dan Sikakap dengan kapal antar pulau, Selasa (16/4/2019). (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Ratusan warga yang bekerja dan tinggal di Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai namun masih tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pulau Siberut dan Sikakap memadati kapal antar pulau tujuan Siberut dan Sikakap, Selasa (16/4/2019). Ratusan penumpang tersebut kembali ke kampung untuk menyalurkan hak pilih pada pemilu yang akan diselnggarakan besok, 17 April esok.

"Kita pulang untuk memilih, karena domisili masih di Siberut, kita punya hak suara untuk memilih, sayang suara kita kalau golput," kata Aron (27) warga Siberut yang bekerja di Tuapeijat.

Sementara Arben (34), salah seorang warga Sikakap yang bekerja di salah instansi di Tuapeijat juga memilih pulang kampung dengan kapal antar pulau untuk menyalurkan hak suaranya. "Kalau kita memilih di Tuapeijat, banyak pengurusan lagi, lebih baik kita pulang ke kampung atau ke tempat pemilihan mumpung besok hari libur nasional untuk pemilu," katanya.

Hari ini ada tiga kapal antar pulau yang berangkat, yakni Kapal Nade dan Kapal Bakkat Menuang tujuan Siberut dan Kapal Simasin tujuan Sikakap.

Sementara itu juga ada puluhan mahasiswa dan pegawai warga Mentawai bekerja di Kota Padang hari ini memilih pulang ke kampung dengan kapal cepat Padang-Siberut-Sikabaluan untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Pulang sekaligus memilih di Sotboyak," kata Susi Susanti (29) salah seorang warga Mentawai yang bekerja di Padang pada Selasa (16/4/2019). 

BACA JUGA