Letak Foto Dalam Media Sosialisasi Diperbaiki, Kertas Suara Dapil Dua Akhirnya Boleh Dipajang

Letak Foto Dalam Media Sosialisasi Diperbaiki Kertas Suara Dapil Dua Akhirnya Boleh Dipajang Media surat suara sosialisasi KPU Mentawai dapil dua yang sudah diperbaiki PPK dan KPU Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Media sosialisasi KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai berupa kertas suara lengkap nama caleg dan foto caleg yang salah letak antara caleg Partai Gerindra dan PDI Perjuangan yang sudah diperbaiki oleh PPK beserta KPU Mentawai dengan cara memotong foto caleg tersebut dan diletakkan ke dalam nama caleg bersangkutan. 

“Alat peraga sosialisasi KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai yang salah letak sudah kita perbaiki seluruhnya, kini boleh dipajang di 121 TPS di Dapil Dua Kecamatan Sikakap, Kecamatan Pagai Utara, dan Kecamatan Pagai Selatan,” kata Ronal Eva Preditus, Ketua PPK Kecamatan Pagai Selatan, Senin (15/4/2019).

Berita Terkait:

Media Sosialisasi Surat Suara Caleg Dapil 2 Mentawai Salah Foto, Batal Dipajang di 121 TPS

Ronal Eva Preditus menyebutkan, memang awalnya ada instruksi dari KPU Mentawai untuk tidak memajangkan media sosialisasi surat suara lengkap ada nama dan foto caleg karena terdapat kesalahan letak foto caleg. 

Di Kecamatan Pagai Selatan terdapat 47 TPS terdiri dari Desa Makalo 10 TPS, Desa Bulasat 15 TPS. Desa Malakopa 11 TPS dan Desa Sinaka 11 TPS, total pemilih 7.431 orang.

Ketua Panwaslu Sikakap, Ferdinand Salamang mengatakan, masalah keputusan tidak akan menempelkan contoh surat suara dan alat sosialisasi KPU Dapil dua itu sudah termasuk pelanggaran Pemilu. Salah satu kewajiban KPU harus membuat media sosialisasi seperti surat suara lengkap dengan foto caleg supaya masyarakat pemilih tahu siapa saja caleg yang akan dipilihnya.

“Kesalahan hanya di dua partai saja kalau tidak di pajang alat sosialisasi KPU itu apakah partai lain mau menerima. Kita usulkan kepada KPU Mentawai dan PPK Sikakap, PPK Pagai Utara, dan PPK Pagai Selatan untuk memotong saja letak foto caleg yang salah itu dan pasang kembali di tempat seharusnya, berkat usulan itu maka KPU dan PKK menerima,” katanya.

Horas Tasilipet, caleg Partai Gerindra mengatakan, dari caleg Dapi dua sangat berharap supaya kesalahan letak foto pada alat sosialisasi KPU di tiap TPS hendaknya diperbaiki supaya masyarakat pemilih tahu siapa orang yang akan dipilihnya Rabu (17/4). "Terus terang kalau tidak dipajang media sosialisasi kertas suara caleg dapil 2 di setiap TPS terus tidak setuju, karena sudah ada keputusan dan perbaikan sehingga media surat suara KPU sudah diperbaiki dan sudah boleh di pajang di TPS sebelum masyarakat masuk ke area pencoblosan,"katanya.

BACA JUGA