Warga Siberut Tengah Dapat Jatah Rastra 45.1 Ton

Warga Siberut Tengah Dapat Jatah Rastra 451 Ton Warga Saibi lagi menghitung Rastra untuk jatah masing-masing. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP-Warga Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat bantuan beras sejahtera (Rastra) dari Kementrian Sosial sebanyak 45.1 ton.

Rastra tersebut diperuntukkan kepada 902 rumah tangga sasaran yang terbagi Desa Saibi Samukop 403 RTS dengan jatah 20.15 ton,Saliguma 383 RTS  jatah 19.15 ton dan Cimpungan 116 RTS jatah 5.8 ton dengan masing-masing RTS dapat jatah 25 kilogram atau 5 karung isi 10 kilogram.

"Tapi pembagiannya kita berikan merata saja, rata-rata RTS dapat jatah 20 kilogram atau 2 karung isi 10 kilogram," ujar Camat Siberut Tengah Jasti Onarelius Saguruk,pada Mentawaikita.com, Senin (15/4/2019).

Jasti menyebutkan jatah bantuan rastra kementrian sosial diberikan gratis kepada setiap kepala keluarga, namun karena biaya operasional tidak ada, dibebankan ke warga Rp800 per kilogram. “Biaya distribusi ke desa itu tidak ada dari kementrian, jadi semua harga itu kita berlakukan gunanya untuk biaya itu," ucapnya.

Selain biaya distribusi, jelas Jasti juga digunakan untuk upah buruh dari Kapal ke gudang kecamatan serta biaya konsumsi petugas jaga gudang rastra kecamatan. “Jadi dengan harga Rp800 per kilogram, sudah sangat cukup untuk menanggulangi apa kebutuhan selama proses distribusi Rastra ini," tuturnya.

Namun untuk jatah rastra Siberut Tengah, kata jasti sebanyaj 45.1 ton itu terhitung jatah selama 5 bulan yang diberikan kementrian. “Kalau kapan Siberut Tengah dapat jatah lagi kita tidak tahu pasti, semua tergantung Kementrian sosial," ujarnya.

BACA JUGA