Distribusi Logistik Pemilu di Pagai Selatan Lewat Jalur Laut

Distribusi Logistik Pemilu di Pagai Selatan Lewat Jalur Laut Kotak suara pemilu dari Tuapeijat tiba di Pelabuhan Syahbandar Sikakap, Senin (15/4/2019) dini hari. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Pendistribusian logistik pemilu untuk Kecamatan pagai Utara Kabupaten kepulauan Mentawai dilakukan secara estafet menggunakan mobil bak terbuka dan sepeda motor karena medan yang sulit serta jauh.

Ketua PPK Pagai Utara Wan Risman mengatakan, Pagai Utara terdiri dari tiga desa dengan 28 TPS, Desa Saumanganya 16 TPS, Desa Silabu 6 TPS dan Desa Betumonga 6 TPS .

“Pendistribusian logistik kotak suara dari kecamatan ke desa dan ke dusun-dusun menggunakan mobil dan sepeda motor, logistik kotak suara diangkut dengan  mobil dan estafet lagi dengan sepeda motor diupayakan Selasa (16/4/2019) rampung pendistribusiannya,” kata Wan Risman, Senin (15/4/2019).

Sementara distribusi logistik di Pagai Selatan akan menggunakan jalur laut seperti Desa Sinaka, Makalo dan Bulasat karena tidak adanya akses jalan.

Kepala Desa Sinaka Tarsan Samaloisa mengatakan, di Sinaka ada 11 TPS, Desa Makalo 8 TPS, Desa Bulasat 18 dan Desa Malakopa berjumlah 10 TPS, total ada 47 TPS di Pagai Selatan. Untuk 11 TPS di Sinaka, letaknya berjauhan seperti di Dusun Mabolak Selatan, Mangka Baga, Mangka Ulu, Matotonan, Korit Buah, Kosai Bagat Sagai dan Boriai.

“Satu-satu untuk menuju ke sana menggunakan perahu mesin sementara Aban Baga, Bubuget, Matobat dapat dilalui dengan jalan darat menggunakan sepeda motor,” jelasnya.

Selain Sinaka, distribusi ke Bulasat yang meliputi Limu, Mapinang, Maonai, Lakkau, Limosua dan Surat Aban dan Desa Makalo di Talok Pulei, Parak Batu, Mapou-pou, Bere, Makalo dan Tubeket juga harus menggunakan jalur laut. “Mudah-mudahan tidak ada kendala keterlambatan pada saat hari H pencoblosan,  pada Pemilu yang sebelumnya belum pernah terlambat kotak suara di tiap TPS,” katanya.

Untuk memastikan kotak suara di 11 TPS di Desa Sinaka sampai, Tarsan dan staf desa akan meninjau ke lapangan dengan perahu mesin besok sembari mengimbau masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan pada saat hari H pencoblosan.

BACA JUGA