Usai Dicabut Panwas, Caleg Pasang Lagi Alat Peraga Kampanye

Usai Dicabut Panwas Caleg Pasang Lagi Alat Peraga Kampanye Alat peraga kampanye caleg yang masih terpasang di Siberut Selatan. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Usai Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Siberut Selatan (Panwascam) mencopot dan membersihkan alat peraga kampanye calon legislatif (caleg) dan partai politik di Kecamatan Siberut Selatan Kepulauan Mentawai, salah seorang caleg memasang lagi poster kampanyenya.

Komisioner Panwascam Kecamatan Siberut Selatan, Eujenius, mengatakan sejak Minggu (14/4/2019) Panwascam dan Muspika telah membersihkan alat peraga kampanye mulai dari spanduk, stiker, baliho dan sebagainya. “Namun malam harinya anak caleg itu mengambil kembali APK di Kantor Panwascam,” katanya.

Pada pagi harinya alat peraga kampanye itu ternyata sudah dipasang kembali oleh partai bersangkutan. "Sudah dipasang oleh partai bersangkutan saya sudah ketemu kepada caleg dan dibicarakan namun belum ada respon sampai saat ini. Nanti akan dicabut juga," kata Eujenius.

Sementara Rasyidin Syaiful, caleg Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dapil 3 Siberut yang memasang kembali alat peraga kampanyenya setelah dicopot Panwascam menyatakan, alat peraganya masih terpasang karena berpedoman pada UU Pemilu No.7 Tahun 2017 Pasal 298 Ayat (4) yang berbunyi “Alat Peraga Kampanye pemilu harus sudah dibersihkan oleh peserta pemilu paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara”.

"Bahwa KPU sudah menjadwalkan pada tanggal  17 April jadwal pemilu, jadi tanggal 16 masih bisa spanduk ini didirikan. Jadi yang membersihkan APK adalah peserta pemilu bukan Panwas, jadi panwas tidak memahami aturan," kata Rasyidin, Senin (15/4/2019).

Menurutnya, ini adalah penyalahgunaan kekuasaan oleh Panwas Siberut Selatan. “Spanduk saya sampai saat ini masih berdiri dan ini legal demi hukum, besok pada tanggal 16, APK baru bisa dicabut,” katanya.

 

BACA JUGA