KPU Mentawai Tetapkan Tiga Caleg Tidak Boleh Ikut Pemilu

KPU Mentawai  Tetapkan Tiga Caleg Tidak Boleh Ikut Pemilu Jumadin Tanjung ketua PPK Kecamatan Sikakap lagi melihatkan surat pemberitahuan KPU Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-KPU Mentawai tetapkan tiga calon legislatif (caleg) tidak boleh dipilih pada 17 April nanti keputusan itu dibuat dalam surat pemberitahuan Nomor 75/PL.010-Pu/1309/KPU-Kab/IV/2019 tentang daftar calon tetap yang tidak memenuhi syarat dan atau meninggal dunia yang namanya sudah terdapat pada kertas suara.

Menurut Maya Yuliana, Sekretariat Pendamping Logistik Pemilu KPU Mentawai mengatakan, tiga orang yang terdaftar calon tetap yang tidak memenuhi syarat dan atau meninggal dunia yakni calon anggota DPD Sumatera Barat  Afrizal S.E meninggal dunia. Sedangkan Zulmaini Eka Putri nomor urut 7  dari Partai PKS maju caleg DPRD Provinsi Sumatera Barat (Dapil Mentawai dan Pesisir Selatan) tidak memenuhi prsyaratan. 

“Kemudian Han Praderico S.Pi nomor urut 5 partai Nasdem daerah pemilihan dua Kecamatan Sikakap, Pagai Utara, dan Pagai Selatan penyebab tidak memenuhi persyaratan (lulus CPNS),” katanya, Senin (15/4/2019).

Maya Yuliana menambahkan, surat pemberitahuan ini akan ditempelkan nanti di setiap TPS di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Ketua PPK Kecamatan Sikakap Jumadin Tanjung mengatakan sesuai dengan petunjuk dari KPU kalau ada masyarakat yang memilihnya suaranya akan lari ke partai. “Kalau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) suaranya tidak syah sebab DPD calon itu non partai,” ujarnya. 

BACA JUGA