317 Personil Gabungan Amankan Pemilu di PUS

317 Personil Gabungan Amankan Pemilu  di PUS Kapolsek Sikakap lagi memeriksa anggota Polisi dalam apel bersama sukseskan pemilu di lapangan Polsek Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Sebanyak 317 personil diturunkan untuk mengamankan Pemilu 17 April mendatang berjalan aman dan lancar di Pagai Utara Selatan (PUS) sebanyak 317 personil gabungan diterjunkan untuk amankan pelaksanaan Pemilu.

Tim gabungan tersebut terdiri dari 73 polisi (Polres Mentawai 30, Pol Air 18 dan Polsek 25) yang dibagi, untuk Kecamatan Sikakap 25 orang, Kecamatan Pagai Utara 17 orang, dan Kecamatan Pagai Selatan 31 orang. Anggota Linmas 232 orang. Untuk Sikakap 92 orang, Pagai Utara 56 orang, dan Pagai Selatan 84 orang.

Kemudian dibantu dari TNI sebanyak 12 orang,  disetiap kecamatan empat orang. “Mulai hari ini anggota polisi yang ditugaskan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pagai Utara dan Pagai Selatan sudah mulai bergerak ke lokasi TPS masing-masing," kata Iptu Hendri, Kapolsek Sikakap, Senin (15/4/2019).

Tugas dan tanggung jawab anggota keamanan adalah mulai dari sebelum pencoblosan, mengawal kotak suara dan surat suara sampai ke TPS, waktu pencoblosan memastikan agar masyarakat merasa aman dan tentram pergi ke TPS. Setelah pencoblosan mulai dari penghitungan surat suara sampai mengawal kembali kotak suara dan surat suara ke sekretariat PPK setiap kecamatan.

“Anggota keamanan tidak boleh masuk ke dalam area pencoblosan, kalau diminta untuk masuk oleh anggota KPPS baru masuk, seandainya ada masalah dan anggota KPPS meminta untuk menyelesaikannya terlebih dulu anjurkan petugas KPPS itu yang menyelesaikan secara musyawarah,"katanya.

Kasat Binmas Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai Iptu Mulyadi menyebutkan, petugas keamanan harus melekat dengan objek yang diamankan jangan sampai lengah. 

Danramil Sikakap Kapten Inf Putra Damanik menyebutkan, anggota Danramil Sikakap bertugas mengamankan pemilu 17 April, kalau ada keributan waktu pencoblosan bawa orang tersebut keluar dari area pemungutan suara. “Kalau tidak juga selesai di lapangkan langsung saja laporkan kepada petugas lainnya dan kita selesaikan bersama-sama persoalan tersebut,” katanya.

Maya Yuliana, Sekteriat pendamping logistik Pemilu dari KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengatakan, Kecamatan Sikakap 46 TPS, Kecamatan Pagai Utara 28 TPS dan Kecamatan Pagai Selatan 47 TPS total 121 TPS di Pagai Utara Selatan.

BACA JUGA