Kotak Suara Tiba di Sikakap Senin Dini Hari

Kotak Suara Tiba di Sikakap Senin Dini Hari Kotak suara saat di bongkar di pelabuhan Sikakap dan di simpan di gudang Syahbandar. )Foto: Leo/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Kotak suara Pemilu dari KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai berjumlah 392 tiba di Sikakap pukul 01.00 WIB dini hari, kotak suara tersebut diangkut oleh kapal Bakkat Menuang di kawal oleh 6 Polisi dan 2 TNI .

Komisione KPU Mentawai Iswanto mengatakan, kotak suara untuk Sikakap berjumlah 230 untuk KPPS dan 11 kotak suara kosong untuk PPK. “Gunanya kotak kosong tersebut untuk perhitungan rekapitulasi suara per kecamatan yang akan di bawa ke KPU Mentawai,” katanya, Senin (15/4/2019)

Ia menyebutkan, sebelumnya kapal singgah sekira pukul 21.30 WIB untuk menurunkan dan serah terima  kotak suara kepada PPK Pagai Utara di Saumanganya dari kapal dan di angkut dengan long boat ke pantai. Kotak suara berjumlah 140 di tambah 11 kotak suara kosong. 

“Dari Tuapeijat kapal berangkat Minggu (14/4) pukul  14.00 dan tiba di Saumanganya pukul 21.30 WIB setelah bongkar kotak suara kapal melanjutkan berlayar ke Sikakap tiba di Sikakap Senin (15/4) dini hari pukul 01.WIB,” jelasnya kepada Mentawaikita.com di pelabuhan Sikakap.

Kotak suara untuk Pagai Utara berjumlah 151 terdiri dari untuk KPPS 140 di tambah 11 kotak suara  kosong untuk PPK. Sikakap berjumlah 241 kotak suara terdiri dari 230 untuk KPPS dan di tambah 11 kotak suara untuk PPK. Kotak suara untuk Kecamatan Pagai Selatan berjumalah 246 terdiri dari 235 kotak suara untuk KPPS dan di tambah 11 kotak suara untuk PPK.

“Kotak suara untuk Kecamatan Sikakap dan di Kecamatan Pagai Selatan dini hari ini di bongkar dari kapal dan disimpan oleh PPK kecamatan Sikakap di kantor Syahbandar Pelabuhan Sikakap disaksikan oleh Polsek Sikakap  dan Camat Sikakap Frans Sakeletuk .

Kotak suara untuk Sikakap pagi pukul 08.00 WIB serah terima dengan PPK Sikakap  sementara untuk Pagai Selatan diangkut dengan long boat untuk Desa Makalo, Desa Sinaka, Desa Bulasat dan Desa Malakopa dengan mobil. “Pendistribusian logistik kotak suara ke setiap KPPS  berakhir Selasa (16/4)  diupayakan selesai pendistribusiannya dan dikawal oleh polisi,” katanya.

Jumadi, Ketua PPK Sikakap mengatakan, kotak suara  yang dibawa oleh KPU, diamankan dulu di kantor Syahbandar setelah serah terima dari  KPU paginya didistribusikan ke KPPS meliputi 46 TPS terdiri dari Desa Matobe berjumlah 9 TPS, Sikakap 21 TPS dan 16 TPS Desa Taikako, jumlah TPS semuanya 46. Kota suara akan diangkut dengan mobil dan sepeda motor. “Total seluruhnya 46 TPS dikalikan 5 kotak suara jumlahnya 230," katanya.

BACA JUGA