Kapal dari Padang Tak Datang, Harga Cabai Melonjak Tajam

Kapal dari Padang Tak Datang Harga Cabai Melonjak Tajam Dora, salah seorang pedagang di Pasar Sikakap kehabisan stok cabai karena kapal tidak datang dari Padang. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Harga cabai merah di Sikakap melonjak naik dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp70 ribu per kilogram akibat stok di pasar menipis karena tidak adanya kapal yang datang membawa sembako, Minggu (14/4/2019).

Kondisi ini dikeluhkan warga terutama ibu-ibu rumah tangga karena kenaikan harga yang sangat tajam. Lonjakan harga biasanya terjadi saat kapal dari Padang tidak datang.

"Akibat kapal KMP Gambolo dari Padang tujuan Sikakap tidak masuk hari ini, harga cabai merah naik dan bahkan cabe merah sekarang ini susah didapat," kata Marni (56), ibu rumah tangga, Minggu (14/4/2019).

Dora, pedagang bahan pokok di Desa Sikakap, mengatakan sebenarnya cabai merah sudah diorder kemaren, Sabtu (13/4/2019) sebanyak 60 kilogram namun karena kapal tidak jadi berangkat, pesanan cabai itu dibatalkan.

“Akibat kapal tidak masuk stok cabai kita habis padahal dari tadi sudah banyak pembeli yang datang hendak membeli,” katanya.

Menurut dia, harga kebutuhan pokok di Desa Sikakap sangat tergantung masuknya kapal dari Padang, hal ini disebabkan semua kebutuhan bahan pokok didatangkan dari Padang. Biasanya dia mendatangkan stok dagangan dua kali dari Padang sesuai jadwal kapal yakni tiap Rabu dan Minggu.

"Memang ada saya dengar sekarang ini harga cabe merah Rp70 ribu per kilogram, itu karena stok cabe merah tidak ada di Sikakap, biasanya dalam satu minggu saya mendatangkan cabe merah sebanyak 150 kg yakni hari Rabu sebanyak 90 kg dan minggu 60 kg, cabe tersebut habis dalam satu minggu," katanya.

Hendra Wijaya, pedagang sembako lainnya, mengatakan karena KMP Gambolo tidak masuk stok cabai merah di kedainya juga sudah habis.

"Karena tidak masuk KMP Gambolo sekarang saya bingung untuk mendatangkan cabai merah dari Padang ke Sikakap, informasi Kapal Mentawai Fast masuk hari ini tapi tidak ke Sikakap. Kapal Mentawai Fast tersebut dicarter turis asing ke Macaronis Resort, kalau dikirim dengan Mentawai Fast, siapa yang akan menjemput ke sana,” katanya.

BACA JUGA