Ketua TP PKK : Pembangunan di Mentawai Perlu Didukung

Ketua TP PKK  Pembangunan di Mentawai Perlu Didukung Ketua PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rosmaida Yudas Sagurung. (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

MADOBAG - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rosmaida Yudas, menyampaikan bahwa pembangunan juga harus didukung, seperti jalan, serta pembangunan lainnya termasuk pembangunan fasilitas kesehatan.

“Pembangunan dari pemerintah harus kita dukung sama-sama, kalau kita lihat jalan saat ini sudah mulai tertutup oleh rumput, inibperlu diperhatikan oleh Desa, bagaimana kita bisa mengajak masyarakat untuk gotong royong,” kata Rosmaida Jumat (12/4/2019) di Dusun Maseppaket, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa saat ini Mentawai sudah mulai meninggalkan keterisoliran, dan semakin maju, pembangunan yang diberikan sudah lebih yang diberikan oleh pemerintah. “Tapi bagaimana kita bisa menjaga pembanunan agar tetap awet. Kami dari TP PPK menitip kepada Desa agar bisa menggiatkan gotong royong, itu dulu yang utama, kalau itu sudah berjalan baik, masalah ekonomi nanti kita bicarakan,” lanjutnya.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan salah satunya yaitu menjauhkan hewan peliharaan dari dekat rumah, seperti ternak ayam agar penyakit tidak mudah menyerang masyarakat, sebab kotoran yang dihinggapi lalat bisa berpindah ke makanan dan bisa menyebabkan penyakit muntah dan berak.

“Tidak ada lagi ternak didekat rumah, kita jauhlan lagi karena menjaga kehatan perlu, seperti TBC dan penyakit lainnya. Keberihan halaman didepan rumah perlu juga diperhatikan. Kalau ada yang sakit silakab berobat di puskesmas atau tempat-tempat kesehatan lainnya. Pasilitas sudah ada namun belum dimanfaatkan dengan baik, seperti tanaman-tanaman obat perlu juga dipelihara dengan baik. Masyarakat juga harus mendukung petugas pelayanan kesehatan, bagaimana kita merubah wajah Desa Madobag atau Sarereiket, banyak perubahan, namun kita tetap mendukung bersama,” ungkapnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Mentawai, Yosef Sarogdok mengatakan bahwa puskesmas diberikan supaya masyarakat bisa berobat. “Setiap pembangunan belum selesai semua, mari sama-sama kita menjaga pembangunan yang diberikan pemerintah kepada kita,” katanya.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa puskesmas ini jangan sampai kosong begitu saja, sebab Puskesmas Sarereiket adalah milik masyarakat Sarereiket di dua Desa, yaitu Desa Madobag dan Desa Matotonan. 

BACA JUGA