11 Siswa SMA di Mentawai Lulus SNMPTN dan Bidikmisi

11 Siswa SMA di Mentawai Lulus SNMPTN dan Bidikmisi Siswa SMAN 1 Pagai Utara Selatan yang lulus SNMPTN dan Bidikmisi (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

BERKAT—Sebanyak 10 siswa SMAN 1 Pagai Utara Selatan (PUS), Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan memperoleh beasiswa Bidikmisi. Selain itu siswa tersebut juga lulus  Seleksi Prestasi Akademik Nasional- Perguruan Tinggi Keislaman Negeri(SPAN-PTKIN).

Wakil Kurikulum SMAN 1  PUS, Santi Wamra mengatakan, siswa didaftarkan ikut Bidikmisi  SNMPTN dan SPAN-PTKIN pada Februari yang lalu. Persyaratan mengikuti seleksi ini berupa nilai raport semester 1-5.

“Syukurlah tahun ini  sepuluh siswa di terima di Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia sementara tahun yang lalu hanya satu siswa yang dapat yaitu di UNP tetapi siswa tersebut tidak melanjutkan kuliahnya sebabnya saya tidak tahu," katanya kepada MentawaiKita.com, Senin (8/4/2019).

Santi menyebutkan, beasiswa Bidikmisi akan diterima siswa sekitar 4 tahun, selain biaya kuliah gratis siswa juga diberi uang saku dan tempat tinggal. Siswa akan ditempatkan di asrama yang dimiliki perguruan tinggi bersangkutan.

 “Jadi untuk tahun ini sepuluh siswa dari SMAN 1 PUS berasal dari Mentawai sudah mengurangi beban orang tua dari segi biaya kuliah sekira Rp1 miliar, sangat cukup membantu orang tua siswa," ujarnya. 

Siswa yang lulus tersebut yakni Septiany Kiky di Universitas Negeri Padang jurusan Geografi, Jabril di UNP Penjaskes serta Bangsawan Pasaribu bidang Hukum, Putri Ranik Jintan bidang Kimia dan Wahyuni Putri bidang kejuruan Manejemen Sumber Daya Perikanan yang ketiganya lulus di Universitas Negeri Maritim Ali Air Haji.

Sementara siswa Seleksi Prestasi Akademik Nasional -PTKIN yaitu Ayu Zal Fitri Ningsih bidang Hukum Ekonomi Syariah di UIN Wali Songo Semarang, Ratna Handayani bidang Bimbingan konseling(BK) dan Mella Wulandari Bahasa Arab keduanya di  IAIN Bukit Tinggi. Kemudian Rina Presiti Utami bidang Manejemen Pendidikan di IAIN Kerinci  Jambi dan Tiara Prastika bidang Pendidikan Agama Islam di IAIN Padang Sidempuan.

Selain SNMPTN dan SPAN-PTKIN siswa di daftarkan   20 siswa melalui Penelusuran Minat dan Bakat-Politeknik Negeri (PMDK-PN) pengumuman 16 April mendatang dan juga 40 siswa di daftarkan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer /Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK/SBMPTN). 

“Jika mereka tidak lulus 60 siswa tersebut mereka ikut jalur mandiri lagi sesuai dengan pilihan mereka di  Perguruan Tinggi lainnya,” katanya.

Bangsawan Pasaribu, salah satu siswa yang mendapat beasiswa kuliah di Universitas Negeri Maritim Ali Air Haji  bidang Hukum mengatakan, dirinya akan melanjutkan kuliah hingga selesai. 

“Kesempatan tidak mungkin disia-siakannya, walaupun orangtua saya petani biasa mereka  juga  pasti semangat dan sangat membantu tentang biaya selama kuliah nantinya," ujarnya.

Selain di SMAN 1 PUS, seorang siswa SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara, lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN) di Universitas Negeri Padang.

Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko mengatakan, siswa yang didaftarkan pada tahun sebanyak 36 orang namun yang lulus hanya seorang atas nama Asrelius Juni.

“Dari 36 siswa yang kita daftar kan secara daring masuk SNMPTN hanya satu yang lulus atas nama Asrelius Juni di Universitas Negeri Padang (UNP) dengan jurusan Pendidikan Sejarah," kata Nofik Afriko kepada MentawaiKita.com, Jumat (5/4/2019).

Nofik Afriko mengaku bangga meski hanya seorang siswanya yang lulus sebab baru tahun ini sekolahnya dapat mengikuti SNMPTN. Saat sekolah berusaha melengkapi bahan agar Asrelius Juni dapat terdaftar sebagai penerima beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “perlengkapan bahan seperti mengirimkan foto rumah dan lainnya," katanya. (leo/spr)


BACA JUGA