Linmas PUS Siap Amankan Pemilu 17 April

Linmas PUS Siap Amankan Pemilu 17 April Apel siap siaga amankan pemilu Linmas Pagai Utara Selatan. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

72 Linmas PUS Hadiri Apel Siap Siaga Linmas Dalam Rangka Amankan Pemilu 17 April

SIKAKAP--Sebanyak 72 anggota Linmas Pagai Utara Selatan (PUS) mengikuti apel siap siaga Linmas yang diadakan oleh Polsek Sikakap di lapangan Polsek Sikakap, Jumat (5/4/2019). Apel Siap Siaga Amankan Pemilu 17 April 2019 yang dipimpin langsung Kapolsek Sikakap Iptu Hendri dan dihadiri Danramil Sikakap Kapten INF Putra Damanik.

"Linmas adalah perpanjangan tangan polisi dalam hal pengamanan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) Rabu 17 April 2019, sebab personil polisi itu terbatas untuk Linmas harus ikut berperan aktif dalam pengaman pemilu dan pelaksanaan pemilu,"kata Iptu Hendri.

Dia menyebutkan, jumlah Tempat Pemungutan Suara  (TPS) di Pagai Utara Selatan ada 121, di setiap TPS nanti ada dua orang anggota dan dibantu satu orang anggota dari kepolisian. “Kalau ada masalah di lapangan selesaikan terlebih dahulu dengan cara pendekatan dan musyawarah, jangan menambah masalah, tidak ada masalah yang tidak bisa terselesaikan asalkan kita menyelesaikan nya dengan cara hati dingin,” katanya.

Danramil Sikakap, Kapten INF Putra Damanik, mengatakan kekuatan di lapangan dalam mengamankan pemilu adalah linmas.

"Saran saya kalau ada masalah linmas dalam mengambil tindakan jangan orogan sebab ini bisa memicu masalah baru, pemilu jujur, aman, dan tertib itu tidak lepas dari peran serta Linmas dalam pengamanan pemilu nanti," katanya.

Anggota Linmas TPS 3 Desa Silabu, Kecamatan Pagai Utara, Suhardi Sakarebau, mengatakan, linmas di TPS 3 Silabu sebanyak 2 orang, dengan adanya apel siap siaga anggora linmas merasa mendapatkan pembekalan waktu melaksanakan tugas. “Misalnya tindakan apa yang akan diambil kalau terjadi masalah di lapangan, seorang anggora linmas itu harus independen dalam melaksanakan tugas tidak boleh berpihak kepada siapa saja,” katanya.

Permenas Saogo, anggota Linmas TPS 8 Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan, mengatakan apel bersama menandakan mereka ikut berperan aktif dalam menyukseskan pemilu 17 April nanti. “Kalau ada masalah yang tidak bisa diselesaikan di lapangan kita tinggal melaporkan saja masalah tersebut kepada Polsek Sikakap,” katanya.

BACA JUGA