Bulog Sumbar Salurkan Rastra 54,5 Ton kepada Warga Sikakap

Bulog Sumbar Salurkan Rastra 545 Ton kepada Warga Sikakap Rastra yang dibongkar di pelabuhan Sikakap (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

SIKAKAP—Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat menyalurkan sebanyak 54, 5 ton beras sejahtera (rastra) atau 54.550 kilogram kepada warga Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang tiba di Desa Sikakap pada Kamis (4/4/2019).

Rastra tersebut untuk sementara di simpan di gudang milik Syahbandar Sikakap menunggu pendistribusian ke desa dan dusun. Beras sejahtera tersebut merupakan jatah makanan selama lima bulan yakni Januari-Mei.

“Rastra untuk Kecamatan Sikakap untuk januari sampai mei 54.550 kg, beras tersebut sekarang masih di atas kapal garuda sudah sampai di pelabuhan Syahbandar Sikakap," kata Umar Dani kontraktor pendistribusian beras rastra dari PT. Roni Martin Perdana kepada MentawaiKita.com, Kamis (4/4/2019).

Umar Dani menyebutkan, sesuai dengan kontrak Bulog dengan PT.Roni Martin Perdana, tanggung jawab pihaknya hanya sampai di gudang tumpuk Kecamatan Sikakap. “Masalah pendistribusian dari gudang tumpuk Kecamatan Sikakap ke desa dan dusun itu diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kecamatan Sikakap,” ujarnya.

Ibrahim, staf Kecamatan Sikakap bagian pendistribusian rastra mengatakan, beras akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Sementara soal pendistribusian hingga ke dusun-dusun diserahkan sepenuhnya dari kesepakatan masyarakat tersebut.

Ibrahim menyebutkan, sekarung beras berisi 15 kg, namun ia mengaku belum tahu jumlah penerima bantuan sebab data dari desa belum masuk. Jika merujuk data penerima rastra tahun lalu sebanyak 1.091 kepala keluarga.

“Apakah data ini bertambah atau berkurang itu semua tergantung pemerintah desa dan dusun,” katanya.


BACA JUGA