Sani, Balita Penderita Tumor Akhirnya Dirujuk ke RSUP M Jamil Padang

Sani Balita Penderita Tumor Akhirnya Dirujuk ke RSUP M Jamil Padang Sani disuapi ibunya, Maila saat menunggu ke berangkatan menuju Padang (Foto : Bambang/MentawaiKita.com)

SIKABALUAN—Sani (3), balita  dari Dusun Terekanhulu Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai yang menderita tumor pada bagian mata kirinya akhirnya bisa dirujuk ke rumah Sakit Padang, Selasa (2/4/2019).

Dari kampungnya di Mentawai, Sani ditemani sang ibu, Maila dan ayahnya Julianus menaiki kapal Mentawai Fast. Sesekali Sani merintih menahan sakit pada matanya, “kalau untuk makan tidak ada masalah. hanya ketika rasa gatal dan sakit yang membuat ia terganggu,", kata  ibu sani, Maila pada Mentawaikita.com, Selasa (2/4/2019).

Sani baru berangkat ke Padang setelah mendapat informasi kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan yang diurus orangtuanya sejak Maret telah keluar. "BPJS kesehatan sudah keluar dan setelah berkoordinasi dengan beberapa orang akhirnya kita berangkat ke Padang," kata Julianus, ayah Sani. 

Selain mendapat BPJS, Sani dan keluarganya juga mendapat bantuan pengobatan dari masyarakat Mentawai melalui penggalangan bantuan kemanusiaan yang dilakukan gerakan pramuka Kwartir Cabang 15 Mentawai melalui Kwartir Ranting yang ada di setiap kecamatan di Mentawai.

"Kita sudah urus soal transportasi di MV. Mentawai Fast untuk korban, keluarga dan yang mendampingi. Kita berharap dengan dirujuknya ke Padang memberikan kesembuhan," kata Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 15 Mentawai, Joni Anwar,. 

Joni Anwar mengatakan, Sani akan dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang untuk menjalani operasi pada bagian mata sebelah kiri yang mengalami pembengkakan hampir sebesar bola kasti. "Kita juga bersyukur atas ketangkasan gerakan pramuka di lapangan dalam melakukan penggalangan dana. Ini sebuah nilai positif akan kepedulian sesama," katanya. 

Ipda. Yanuar, Andalan Saka (Satuan Karya) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 15 Mentawai mengatakan untuk hasil penggalangan dana yang sudah berhasil dikumpulkan sudah ada di rekening bank milik gerakan pramuka Kwartir Cabang Mentawai dan akan diberikan secara per tahap. 

"Untuk tahap awal kita berikan Rp5 juta, selebihnya kita berikan pasca operasi atau sebagai biaya hidup selama di Padang oleh pasien dan keluarga," katanya. 

Hasil penggalangan dana Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 15 Mentawai melalui kwartir ranting terkumpul Rp13.302.000, dengan rincian dari kwartir ranting Sikakap Rp2,8 juta, dari Kwartir ranting Tuapeijat, Sipora Rp8.802.000 dan kwartir ranting Siberut Utara Rp1,7 juta. 

BACA JUGA