Tak Lengkap Komputer Untuk UN, SMAN 1 Siberut Selatan Terpaksa Meminjam

Tak Lengkap Komputer Untuk UN SMAN 1 Siberut Selatan Terpaksa Meminjam siswa SMAN 1 Siberut Selatan sedang mengikuti UNBK. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com(

MAILEPPET-Akibat fasilitas komputer tak lengkap, SMAN 1 Siberut Selatan terpaksa meminjam komputer untuk siswanya mengiikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari SMP 2 Yos Sudarso Muara Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Proktor teknisi SMAN 1 Siberut Selatan Martinus mengatakan siswa yang mengikuti UNBK tahun ini ada sebanyak 191 orang terdiri dari jurasan IPA 91 orang, dan IPS 100 orang, dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan mata pelajaran pilihan.

“Komputer yang digunakan saat ujian ada 70 unit, sebagian komputer dipinjam dari SMP 2 Yos Sudarso. Jadi kendala kita adalah komputer,"kata Martinus pada Mentawaikita.com, Senin (1/4/2019).

Saat ini komputer milik sekolah ada 55 unit dan selebihnya dipinjam ke SMP 2 Yo Sudarso selama empat hari. Karena komputer hanya ada 70 unit maka pelaksanaan ujian dibagi kedalam tiga shif, untuk ship pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB, shif kedua pada pukul 10.30 WIB dan ketiga pada pukul 13.00 WIB, masing-masing jurusan dibagi tiga.

Martinus juga berharap saat ujian listrik tidak mati dan jaringan internet tetap stabil. "Kami juga berharap ada lagi penambahan 20 unit komputer, dan server agar ujian berjalan lancar tidak ada kendala,” kata Martinus.

SMAN 1 Siberut Selatan ini ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baru pertama kali dilaksanakan dengan harapan kedepan lebih baik lagi ujiannya.

Salah seorang siswa SMAN 1 Siberut Selatan Fidelia mengatakan, ujian dimulai pada hari ini dengan masuk sesi pertama. “Saat pertama ujian memang agar grogi karena pertama menggunakan komputer untuk ujian, tapi ini sudah terbiasa memakai komputer karena seringnya pelatihan. Soal lumayan sulit namun bisa diatasi dan dihadiri sampai selesai,” kata Fidel.

BACA JUGA