Tak Mau Gagal SMAN 2 Sikakap Targetkan Kelulusan 100 Persen

Tak Mau Gagal SMAN 2 Sikakap Targetkan Kelulusan 100 Persen Siswa SMAN 2 Sikakap sedang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

TAIKAKO –Tidak mau terulang kejadian tahun lalu, SMAN 2 Sikakap menargetkan kelulusan siswa 100 persen pada Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tahun ini. Kalau tahun lalu ada sebanyak 12 siswa yang tidak lulus maka tahun ini harus lulus semuanya.

Saat ini jumlah siswa sekolah tersebut ada sebanyak 45 siswa yang terdiri jurusan IPA sebanyak 21 siswa dan jurusan IPS sebanyak 24 siswa. “Sekolah menargetkan kelulusan siswa tahun ini 100 persen. UNKP SMAN 2 Sikakap diikuti sebanyak 45 siswa, kalau tahun lalu ada sebanyak 12 siswa yang tidak lulus ini sangat mengecewakan sekali bagi siswa dan orang tua," kata Yunalwis, Kepala SMAN 2 Sikakap, Senin (1/4/2019)

Untuk mencapai target itu Yunalwis mengatakan sejak Februari lalu pihak sekolah telah memberikan jam tambahan belajar sore bagi siswa kelas XII untuk semua mata pelajaran yang di Ujian Nasional (UN) kan, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika. Jurusan IPS mata pelajaran sore seperti geografi, ekonomi dan sosiologi. Jurusan IPA mata pelajaran fisika, kimia dan biologi. 

Selain belajar sore sekolah juga mengadakan try out yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada November 2018. Yunalwis menambahkan seorang siswa dinyatakan lulus bila kehadiran siswa mulai semester satu sampai semester enam harus mencapai 85 persen. 

Kemudian memiliki sikap baik dalam mengikuti setiap mata pelajaran yang diberikan guru bidang studi, sudah menyelesaikan ujian semester satu sampai enam, melaksanakan Ujian Semester Berbasis Nasional (USBN) dan mengikuti Ujian Nasional (UN). “Kalau hal itu terpenuhi maka siswa dapat dinyatakan lulus,” ujarnya.


BACA JUGA