Penetapan 12 Kadus Baru di Saibi Usai Pemilu

Penetapan 12 Kadus Baru di Saibi Usai Pemilu Desa Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kepulauan Mentawai. (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Rencana penetapan 12 kepala dusun baru di Desa Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dilaksanakan usai Pemilu tahun ini. Kadus yang akan diganti di wilayah Sua, Totoet, Sibuddaoinan, Masoggunei, Simabolak, Pangasaat, Simoilalak, Masokut, Sirua Monga, Mauku, Sirisurak dan Uselat.

Kepala Desa Saibi Samukop Binsar Saririkka mengatakan, mengingat masa jabatan 12  kadus lama berakhir 10 Januari 2019, dilakukanlah penjaringan kadus baru yang telah mendaftar sebanyak 7 orang dalam 1 dusun yang direncanakan penetapannya di bulan Februari, dengan prosedur konsultasi ke Camat Siberut Tengah.

"Setelah kita konsultasikan ke Camat, ternyata Camat ada pertimbangan lain dan menenggang sibuk di Pemilu ini, maka diulur waktunya pemilu ini selesai," ujarnya pada Mentawaikita.com beberapa waktu lalu.

Menunggu waktu penetapan itu, sementara ini telah diangkat pelaksana tugas kepala dusun sejak Januari hingga penetapan nanti. "Selesai pemilu proses kepala dusun ini ada tim yang menangani untuk melakukan penyaringan kembali peserta calon kadus yang telah mendaftar," ucapnya.

Namun terkait proses penetapan kadus baru tersebut, Binsar menambahkan banyak dari kalangan masyarakat meminta kepala dusun ini harus dipilih dan bukan ditunjuk pemerintah desa. "Memang ini serba dilematis, tapi misalnya ketika dipaksakan harus dipilih saja kita akan dikomplain oleh Pemda, jadi kini saya tegaskan sesuai aturannya kadus ini ditunjuk kades melalui tim dan tidak bisa dibantah lagi," ucapnya.

BACA JUGA