Puro 1 Belum Memiliki Jalur Evakuasi Yang Memadai

Puro 1 Belum Memiliki Jalur Evakuasi Yang Memadai Lokasi jalur evakuasi di Dusun Sakkelo Desa Muara Siberut di SMK 2 Mentawai. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

PURO-Dusun Puro 1, Desa Muara Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai belum memiliki jalur evakuasi yang memadai kalau terjadi gempa dan tsunami melanda.

Kepala dusun Puro 1 Heronimus mengatakan,di Dusun Puro 1 belum memiliki jalur evakuasi yang memadai, selama ini jalur evakuasi yang digunakan memang ada tetapi kondisinya mulai rusak dan bersemak.

"Jalur evakuasi khususnya di Puro 1 sudah ada namun belum memadai dan kurang strategis, ada satu jalur evakuasi di bukit Sakkelo di SMKN 2 Kepulauan Mentawai menurutnya disana aman," kata Heronimus.

Selama ini saat gempa warga masih bingung hendak mau kemana harus mencari dulu titik aman dimana banyak orang disitu warga kumpul.

Senada juga dikatakan Kepala Dusun Puro 2 Darius, juga menanggapi selama ini pemerintah Kabupaten Mentawai belum ada melakukan simulasi di Desa Muntei dan Dusun Puro.

"Memang sudah ada yang melakukan simulasi gempa tetapi masih ditingkat anak anak, padahal orang tua juga harus memahami untuk menyampaikannya kepada anak-anak kami," kata Darius 

Tidak hanya itu saja harus disiapkan titik kumpul yang jelas agar ketika gempa langsung naik dan mengejar tujuan yang ditentukan. Selama ini jalur evakuasi sudah ada namun kurang layak, dan kurang strategis. “Nanti sudah kita siapkan lokasi yang bagus sudah pernah diusulkan namun belum ada realisasinya," katanya.


BACA JUGA