SDN 01 Sikakap Tidak Punya Guru Muatan Lokal Budaya Mentawai

SDN 01 Sikakap Tidak Punya Guru Muatan Lokal Budaya Mentawai Kepala SDN 01 Sikakap, Silviana Evi (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

SIKAKAP—SDN 01 Sikakap yang berlokasi di Dusun Sikakap Timur, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai belum memiliki guru muatan lokal budaya Mentawai.

Kepala SDN 01 Sikakap, Silviana Evi mengatakan, selama ini pelajaran tersebut diajarkan wali kelas masing-masing.

"Mata pelajaran muatan lokal (mulok) Budaya Mentawai adalah pelajaran wajib yang harus diajarkan kepada siswa di setiap sekolah, dalam satu minggu itu paling tidak 2 jam, SDN 01 Sikakap tidak memiliki guru bidang studi mulok Budaya Mentawai," katanya kepada MentawaiKita.com, Senin (18/3/2019).

Menurut dia, meski tak ada guru khusus namun pengajaran pelajaran tersebut berjalan lancar sebab sudah ada pengganti yakni wali kelas. Sekolahnya tak mengalami masalah soal buku pelajaran sebab telah tersedia.

Silviana Evi mengatakan, pengajaran budaya Mentawai sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap budaya yang dimilikinya. Budaya, kata dia, bukan sekadar tari-tarian saja tapi masih banyak lagi seperti makanan, alat kesenian, pakaian, tato, rumah adatnya seperti uma dan lainnya.

“Sebagai tenaga pengajar sudah kewajiban kita memberikan pengetahuan dan rasa cinta kepada generasi muda Mentawai untuk mencintai kebudayaannya sebab dengan rasa cinta maka kebudayaan Mentawai dapat terjaga dan terpelihara, sebab sekarang ini pengaruh budaya luar itu sangat besar sekali pengaruhnya terhadap generasi muda, untuk itu kami pihak sekolah SDN01 Sikakap sangat berharap sekali ada guru bidang studi khusus mulok Budaya Mentawai," katanya.

BACA JUGA