Jalan dan Jembatan Sepanjang Rokdog Rusak Parah

Jalan dan Jembatan Sepanjang Rokdog Rusak Parah Jembatan yang menghubungi Dusun Magorut dan Rogdok sudah putus, warga terpaksa melintasi sungai. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

ROGDOK-Jalan Dusun Mangorut Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai kondisinya memprihatinkan karena ada 3 titik jalan yang berlumpur yang tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki.

Kepala Dusun Mangorut Gervasius mengakui jalan di dusunya berlumpur dan licin, mulai dari Simpang Trans mentawai di Majobulu hingga menuju Dusun Rogdok kondisi jalan sudah rusak dan tidak memiliki semen. 

“Ada lima jembatan yang sudah, lantainya mulai lapuk, dan ada juga jembatan yang sudah roboh  yang membuat pengendara motor harus berjalan di sungai dan mendorong motor,” katanya pada Mentawaikita.com, Jumat (15/3/2019) 

Rencananya tahun ini jalan khusus Dusun Mangorut yang sudah rusak akan dibangun sejauh satu kilometer dengan memakai dana desa, namun belum tahu kapan realisasinya. “Tahun ini juga ada lima jembatan yang diusulkan untuk dibangun jembatan di Battobek, Singeungeu, Batbabot, Batmangorut, dan Batbailaket, kondisnya memang masih bisa dilewati tetapi sudah mulai rusak,” ungkapnya.

"Seharusnya untuk jalan yang rusak bisa menggunakan papan atau kayu bulat yang dikerjakan bentuk swadaya, tetapi anggaran untuk beli minyak, komsumsi dan kebutuhan lain tidak ada,"kata gerva.

Kepala Desa Madobag Robertus Sakulok menjelaskan  untuk jembatan yang saat ini sudah rusak seperti di Batrogdok itu tidak bisa diganggu gugat karena yang akan membangun itu Pekerjaan Umum (PU). “Kalau dibangun juga nanti rusak lagi, semua jembatan dan jalan Trans Mentawai menuju di Desa Madobak akan ditangani oleh PU, anggaran desa tidak ada membangun jembatan,” katanya.


BACA JUGA