40 Siswa Sikakap Mendapat Pelatihan Menjadi Konselor Sebaya

40 Siswa Sikakap Mendapat Pelatihan Menjadi Konselor Sebaya Siswa di Sikakap mengikuti pelatihan Konselor Sebaya dari Puskesmas Sikakap. (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

SIKAKAP—Sebanyak 40 siswa di Desa Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai dilatih menjadi konselor sebaya oleh Puskesmas Sikakap pada Kamis (14/3/2019). Peserta diambil dari MTsN 3 Mentawai, SMPN 1 Pagai Utara Selatan, SMAN 1 Pagai Utara Selatan dan SMKN 3 Mentawai

“Konselor sebaya merupakan perpanjangan tangan Puskesmas Sikakap dalam memberikan solusi kepada siswa atau remaja yang mengalami masalah baik itu masalah pribadi maupun masalah yang bersangkutan dengan remaja, seperti pacaran dan lainnya,” kata Rika Napitupulu, penanggungjawab program promosi kesehatan Puskesmas Sikakap.

Rika Napitupulu menyebutkan, seorang konselor itu merupakan pendengar yang baik, dalam melakukan konseling kepada klien konselor tidak boleh memutuskan pembicaraan.

Konselor, kata Rika harus banyak membaca terutama sekali membaca masalah kesehatan, masa remaja seperti  masa pubertas sebab pada masa ini remaja harus berhati-hati dalam bergaul.

“Kalau remaja tidak berhati-hati dalam bergaul maka terjadilah kenakalan remaja, kenakalan remaja itu bisa berupa pergaulan bebas, pemakaian narkoba, dan perkelahian, kalau salah satu sudah terjangkit di salah satu remaja maka masa depan remaja akan putus,” ujarnya.

Ia berharap ilmu yang diberikan dipraktikkan membantu teman-teman dan remaja lain dalam menyelesaikan masalahnya.

Habil (15), siswa peserta konselor sebaya mengaku bangga diikutkan pada pelatihan konselor sebaya. Ia akan berusaha mempraktikkan ilmu yang didapat kepada teman-teman di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 (MTsN 3) Mentawai,

"Apa lagi yang memberikan materi Bu Rika Napitupulu itu sangat bagus sekali sehingga kami tidak tegang dalam mengikuti kegiatan konselor sebaya bila mulai tegang Bu Rika Napitupulu melakukan kegiatan permainan," katanya.

BACA JUGA