Masih Banyak Atribut Kampanye yang Laggar Aturan

Masih Banyak Atribut Kampanye yang Laggar Aturan Penertiban atribut kampanye caleg oleh Satpol PP Mentawai di Tuapeijat beberapa waktu lalu. (Foto: Patris/Mentawakita.com)

MUARASIBERUT-Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilih Desa (PPD) Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menertibkan atribut dan alat peraga kampanye partai politik maupun para calon legislatif yang melanggar aturan.

Misalnya ada atribut kampanye yang dipasang di jalan belum sesuai baik jaraknya maupun lokasinya, seharusnya jarak spanduk satu partai dengan partai lain 2 meter dan lokasi pemasangannya tidak boleh merusak pemandangan dan dipasang di tempat sempit. Kenyataannya banyak atribut yang dipasang berdekatan satu sama lain dan lokasinya tidak pas.

"Masih banyak atribut yang belum ditertibkan dan banyak kurang pas, tim sudah memberikan peringatan dan menyurati partai, namun sejauh ini masih kesulitan karena beberapa sekretariat partai tidak ada, kebanyakan yang memasang atribut sistimnya hanya dititip saja tanpa ada pertanggungjawaban,” kata Ketua Panwascam Siberut Selatan Eujenius Sakukuret kepada Mentawaikita.com, Senin (11/3/2019).

Saat ini, sudah ada tim khusus yang memantau semua atribut kampanye dan kegiatan kegiatan sosialisasi atau kampanye yang dilakukan kandidat. "Mereka akan mengawasi dan melaporkan apa kegiatan yang dilakukan di setiap desa, sejauh ini juga kami melihat di beberapa rumah ada plang sekretariat namun belum pasti itu secretariat, spanduknya ada namun orangnya tidak ada," katanya.

Sejauh ini, di Siberut Selatan baru empat partai yang telah melakukan sosialisasi di lapangan yakni PDIP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Perindo. Keempat partai ini telah memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STTP) yang dikeluarkan oleh Kapolres, sedangkan untuk kampanye akbar sejauh ini belum ada dilaksanakan di Siberut Selatan, jelas Eujenius.

Sementara PPD Desa Matotonan, Izrail, mengatakan selama ini pihaknya telah melakukan pengawasan atribut kampanye dan semua terpasang dengan baik. 

BACA JUGA