52 Siswa SMKN 3 Mentawai Ikuti USBN

52 Siswa SMKN 3 Mentawai Ikuti USBN Siswa SMKN 3 Mentawai sedang mengikuti ujian sekolah berbasis nasional (USBN). (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

PANATARAT-Sebanyak 52 siswa SMKN 3 Mentawai yang berlokasi di Panatarat Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan  Mentawai mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) sejak Senin (11/3/2019) hingga Sabtu (16/3/2019).

Wakil Kepala SMKN 3 Mentawai Bidang Kurikulum, Rio Andra Simanungkalit mengatakan, pelajaran yang diuji dalam USBN meliputi Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PKn, Biologi, Fisika, Kimia, Penjakes, Seni Budaya, Kewirausahaan dan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, pelajaran USBN jurusan Teknik Bangunan meliputi Dasar-dasar Teknik Bangunan, Teknik Listrik Dasar, Dasar Ketenagalistrikan. Sedangkan jurusan Perikanan meliputi Dasar-Dasar Agrobisnis, Produksi Sumber Daya Perairan.

Setelah USBN, disusul pelaksanaan Ujian Nasional pada 25-27 Maret dan dilanjutkan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) pada 1-6 April. "Sekolah ini sudah diperiksa Tempat Uji Kelayakan (TUK) ketiga jurusan oleh Asesor Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat bulan lalu  dan dinyatakan lulus kelayakan dan dapat melaksanakan UKK mandiri, tidak perlu lagi  siswa  UKK ke BLPT Padang,"  katanya.

Martogi Simalango, guru Teknik Listrik SMKN 3 Mentawai menyebutkan, siswa jurusan listrik telah selesai melakukan pra UKK 25-28 Februari lalu, saat itu siswa merangkai instalasi penerangan dan daya fase satu domestik. Ada 15 siswa yang ikut UKK dengan nilai rata-rata 7.

“Sudah kategori nilai lulus, nilai kelulusan UKK minimal 7, juga Jurusan Perikanan dan Jurusan Bangunan, hasil dari nilai USBN dan UN keluar Mei mendatang, kalau nilai UKK langsung keluar saat itu juga,  mudah-mudahan siswa tetap eksis menghadapi UKK nanti dan harapannya lulus semua," katanya.

BACA JUGA