Kartu PKH Bantu Empat Komponen Ini

Kartu PKH Bantu Empat Komponen Ini Risnawati (41), seorang warga Sikakap menunjukkan kartu PKH miliknya. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Ada empat komponen yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yakni komponen pendidikan, komponen ibu hamil dan balita, lansia dan cacat fisik, sesuai dengan petunjuk yang dikelaurkan Kementerian Sosial.

Menurut pendamping PKH Pagai Selatan, Ridno Darmawanto,  bantuan PKH untuk komponen pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA, besar bantuan diberikan berbeda, SD Rp 900 ribu per tahun, SMP Rp1,5 juta per tahun, dan SMA Rp 2 juta per tahun. Lalu komponen kedua ibu hamil dan balita besar bantuan yang diberikan Rp2,4 juta per tahun, lansia diatas umur 60 tahun Rp 2,4 juta per tahun, dan orang cacat fisik Rp2,4 juta per tahun. "Ini sesuai petunjuk teknis Kementerian Sosial untuk kartu Program Keluarga Harapan (PKH),” jelas Ridno kepada Mentawaikita.com, Senin (11/3/2019).

Tahun ini, penerima PKH di Pagai Selatan hanya 263 KK, terdiri dari Desa Sinaka 103 orang, Desa Bulasat 79 orang, Desa Malakopak 26 orang, dan Desa Makalo 55 orang. Syarat dasar penerima PKH didata keadaan rumahnya, apakah memiliki toilet, penerangan atau listrik berikut dayanya, penghasilan tiap bulan dan jumlah tanggungan termasuk yang masih sekolah.

“Pendataan dilakukan tiap bulan, besar bantuan yang diterima setiap kepala keluarga itu tidak sama sesuai dengan jumlah komponen yang terdapat di dalam satu keluarga, pencairan dana langsung di BRI sementara kita sebagai pendamping hanya mendatangi dan memastikan apakah dananya sudah masuk atau belum, setiap penerima PKH diberikan buku rekening dan kartu dimana kartu tersebut berfungsi juga sebagai ATM, katanya.

Risnawati (41), salah satu penerima PKH, mengatakan kartu PKH dapat membantu biaya anak sekolah. “Dalam kartu PKH yang ditanggung itu dua orang anak saya SD besarnya Ro900 ribu per orang per tahun, dan 1 orang anak saya SMP Rp1,5 juta per tahun, dana tersebut sudah saya terima tahun lalu, dana PKH cair cair empat kali dalam satu tahun, sementara tahun sekarang belum ada pencairan, harapan kami masyarakat agar program bansos khusus PKH terus dilanjutkan, sebab dana tersebut sangat bermanfaat sekali bagi kami masyarakat yang ekonomi rendah,"katanya.

BACA JUGA