Sebulan Jelang UN, Siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan Ikuti Try Out

Sebulan Jelang UN Siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan Ikuti Try Out Siswa SMPN 1 PUS sedang try out menjelang Ujian Nasional. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

HVA-Sebanyak 167 siswa SMPN 1 Pagai Utara Selatan (PUS ) Kabupaten Kepulauan Mentawai  di Sikakap mengikuti try out (TO)  mulai Senin (11/3/2019) selama dua hari. Pelaksanaan TO sebagai persiapan menjelang Ujian nasional pada 22-25 April mendatang.

Rosdiana, Wakil Kepala SMPN 1 PUS Bidang Kurikulum mengatakan, jumlah siswa yang terdaftar TO 168  orang namun satu orang tidak ikut. “TO cerminan UN yang akan dilaksanakan 22-25 April mendatang karena mata pelajaraan yang diuji sama dengan UN yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), katanya kepada Mentawaikita.com, Senin (11/3/2019).

Ia menjelaskan, hasil TO ini akan diperiksa guru di sekolah dan setelah dapat hasil nilai rasionalnya pihak sekolah akan mengundang orang tua siswa pada 27 Maret, sekaligus sosialisasi menjelang UN.

Usai menjalani TO, para siswa kelas IX ini akan mengikuti ujian praktik 25-29 Maret selama 7 hari dengan mata pelajaran Agama, Bahasa Indonesia, IPA, PJOK, Seni Budaya dan Prakarya. Sementara Ujian Sekolah Berbasis  Nasional (USBN ) akan dilaksanakan 8-12 April.

Ia menyebutkan, nilai kelulusan keseluruhan mata ujian  minimal 5,5. Menjelang TO, para siswa sudah diberikan pembekalan melalui pelajaran tambahan sore sejak Januari hingga Maret dan pengisian lembar jawaban computer sudah disimulasikan kepada siswa lima hari sebelum TO.

“Tentang salah satu siswa yang tidak hadir pada TO, pihak sekolah masih menunggu dia untuk ikut ujian praktik nantinya masih ada kesempatan, tapi kalau dia tidak ikut pihak sekolah tidak ada toleransi  lagi," katanya.

BACA JUGA