Polisi Amankan Dua Pencuri Usai Diamuk Massa

Polisi Amankan Dua Pencuri Usai Diamuk Massa Paul, salah seorang pencuri yang ditangkap polisi sedang diinterogasi. (Foto:Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Paul(30), warga Desa Matobe, dan Jakson (21), warga Desa Saureinuk, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai diamankan polisi setelah ketahuan melakukan pencurian di rumah warga di Kilometer 6, Dusun Tunas Baru Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara pada Kamis, (7/3/2019 sekira pukul 06.00 WIB.

Sebelum diamankan polisi, Paul sempat dipukuli warga setelah kedapatan mencuri telepon gengam milik Ari di Kilometer 6, Sipora Utara, sementara Jakson juga diamankan karena terlibat rencana pencurian tersebut.

Kronologi kejadian berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian, awalnya pelaku atas nama Paul masuk ke rumah seorang warga di Kilometer 6 sekira pukul 04.30 WIB namun pada saat berada di dalam rumah dan tepat di ruang tamu ketahuan pemilik rumah sehingga pelaku langsung lari keluar dan tak lama kemudian pelaku menuju ke rumah Ari yang tidak jauh dari rumah pertama hanya berjarak sekitar 30 meter.

Sampai di belakang rumah Ari, lalu pelaku langsung memanjat pintu dinding kamar mandi dan masuk ke dalam. Tiba di ruang tamu pelaku mengambil 1 unit telepon genggam jenis android merk honor beserta cargernya yg sedang kondisi isi daya.

Setelah mengambil telepon, pelaku menuju ke kamar adik kandung Ari bernama Adek (20) dan juga mengambil telepon genggam android merk Xiomi milik Adek yang saat itu berada di bawah bantal.

Pelaku melakukan aksinya juga sambil meraba-raba tubuh Adek(20) kemudian Adek  berteriak lalu terdengar oleh Ari dan Edison. Mendengar teriakan Adek lalu Ari dan Edison mengejar pelaku Paul yang langsung kabur ke luar rumah sehingga terjadi kejar-kejaran.

Melihat aksi kejar-kejaran ada sejumlah warga di lingkungan itu yakni pemuda dan ikut membantu melakukan pengejaran terhadap pelaku, pelaku yang tidak berhasil kabur dan sembunyi di rawa kemudian tertangkap oleh massa, kemudian warga yang jengkel yang mengejar pelaku kemudian memukuli pelaku, lalu  pelaku diamankan ke Polres Kepulauan Mentawai dan dibawah ke rumah sakit untuk di periksa kesehatannya karena mengalami luka akibat dipukuli masa.

“Pelaku dan satu kawanya bernama Jakson sudan kita amankan, karena terlibat,” kata KBO Reskrim Polres Mentawai, Ipda Donny Putra pada Sabtu, (9/3/2019).

BACA JUGA