Siswa SMK 3 Mentawai Jurusan Listrik Terampil Memasang Instalasi Listrik

Siswa SMK 3 Mentawai Jurusan Listrik Terampil Memasang Instalasi Listrik Siswa SMKN 3 Mentawai memasang listrik saat Pra Ujian Kompetensi Kejuruan (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

PANATARAT—Siswa SMKN 3 Mentawai yang berlokasi di Panatarat, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mampu memasang instalasi listrik. Hal tersebut disimpulkan saat 15 siswa jurusan listrik di sekolah itu melakukan pra Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) yang dimulai 25 Februari sampai 28 Februari.

Martogi Simalango, guru penguji siswa tersebut mengatakan pelaksanaan pra UKK dilakukan dengan cara menguji satu per satu siswa di ruang praktik untuk memasang instalasi penerangan  dan daya satu  fase domestik dengan menggunakan peralatan berupa tang, kabel, saklar dan papan listrik. Agar ujian itu berjalan lancar, sekolah telah memasukkan listrik dari PLN sehingga siswa dapat praktik sesuai materi ujian.

“Menurut saya bahwa siswa sudah dapat merangkai instalasi penerangan dan daya fase satu domestik dengan waktu 3-5 jam sedangkan waktu pra ujian diberi waktu 16 jam, siswa cukup cepat dan kreatif. Mudah-mudahan mereka tetap eksis pada saat UKK nantinya, saat ini nilai mereka sudah standar kelulusan 7.0 dan harapan UKK nantinya dapat nilai yang lebih lagi dari standar,” kata Martogi kepada MentawaiKita.com, Senin (25/2/2019).

Ujian Nasional SMK sendiri akan dilakukan pada 23 Maret kemudian dilanjutkan UKK pada 8-11 April. Syarat kelulusan kata Martogi minimal siswa mendapat nilai 7.0

Martogi mengatakan, SMKN 3 Mentawai diperbolehkan melaksanakan UKK mandiri sebab telah diverifikasi oleh asesor SMK dari Sumatera Barat yang diwakili Mulyadi pada awal Februari lalu.

Menurut penilaian asesor itu, fasilitas dan peralatan praktik jurusan teknik listrik kategori lengkap dan layak. “Sudah dapat melaksanakan UKK secara mandiri yang  sebelumnya rencana siswa UKK ke Balai Latihan Pendidikan Teknis (BLPT) Sumatera Barat, karena sudah dapat izin maka pelaksanaannya di sekolah ini lagi, dengan penguji internal saya sendiri dan penguji eksternal Bapak Mulyadi,” jelasnya.

Estomihi, siswa kelas III (XII) di SMK itu menyebutkan, mereka sudah Praktik Kerja Industri (Prakeri) pemasangan jaringan PLN Sikakap -Matobe selama 2 bulan awal 2018. Dari praktik itu mereka mendapat sertifikat dari PT.Intan Wijaya Mandiri sebagai pelaksana kerja dan juga sudah praktik  di BLPT Padang Sumatera Barat pada 9-16 Agustus 2018 selama 1 minggu.

“Selama praktik kami merangkai dan menghidupkan motor listrik 3 fase, instalasi 1 fase dan instalasi kontaktor magnet 3 fase, mudah-mudahan saya dapat nilai bagus, nantinya lulus SMK dapat mencari pekerjaan ataupun  melanjutkan  kuliah,” ujarnya. 

BACA JUGA