KPU Mentawai Jadwalkan Distribusi Logistik Pemilu Mulai H-10

KPU Mentawai Jadwalkan Distribusi Logistik Pemilu Mulai H10 Iswanto (berdiri), komisioner KPU Mentawai menjelaskan tata cara pencoblosan kepada warga Sikakap, Kamis (21/2/2019)

SIKAKAPKomisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mentawai menjadwalkan distribusi logistik berupa kertas dan kotak suara untuk Pemilu 2019 dimulai 10 hari sebelum pencoblosan, 17 April mendatang. Komisioner KPU Mentawai, Iswanto saat sosialisasi pemilu di Sikakap, Kamis (21/2/2019) mengatakan, sebagian besar logistik tersebut sudah berada di gudang logistik KPU Mentawai di Tuapeijat.

Menurut dia, jumlah kertas suara yang sudah sampai di KPU Mentawai, terdiri dari surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI Dapil 1 dan DPRD Sumbar Dapil 8 Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Pesisir Selatan masing-masing sebanyak 64.366 lembar. Lalu surat suara untuk pemilihan DPRD Mentawai Dapil 1 Sipora sebanyak 16.992 surat suara, Dapil 2 Pagai Utara Selatan sebanyak 20.883 surat suara dan Dapil 3 Siberut sebanyak 29.491 surat suara.

"Sesuai dengan perencanaan pendistribusian kertas suara dan perlengkapan lain untuk pemilu dilakukan H-10 di sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, surat suara itu kini sudah berada di KPU Mentawai," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, Iswanto menjelaskan, surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden  berwarna abu-abu, surat suara DPD RI berwarna merah, surat suara DPR RI berwarna kuning, surat suara DPRD Sumbar Dapil 8 berwarna biru sedang DPRD Mentawai  berwarna hijau.

Sementara tata cara pencoblosan surat suara yang sah, suara sah untuk partai jika ada dicoblos nomor partai, atau nomor partai dan nomor urut calon dalam partai yang sama atau mencoblos nomor partai dan nama calon dalam kolom yang sama, termasuk jika mencoblos di tengah-tengah garis contoh Partai A kita coblos antara nomor 1 dengan nomor 2 itu sah suaranya untuk partai. kalau ada yang coblos nomor urut contoh coblos nomor 1 sah suara untuk nomor 1. coblos nama calon legislatif sah untuk calon, dan ada yang mencoblos banyak di kolom yang sama misal partai A maka suaranya sah untuk Partai A.

Suara yang tidak sah jika mencoblos sekaligus dua partai berbeda, atau mencoblos partai lalu mencoblos caleg dari partai berbeda ataupun mencoblos di dua tempat yang berbeda contoh coblos nomor caleg partai A dan coblos nomor caleg partai B atau sebaliknya.

 "Dalam pemilihan umum nanti kita sarankan kepada petugas PPS agar dapat mengutamakan pemilih lansia, sakit, cacat dan ibu hamil untuk dapat memberikan hak suaranya terlebih dahulu, karena ini pemilu perdana yang kita lakukan serentak dimana satu orang diberikan 5 kertas suara agar suara tidak sia-sia, kita minta agar petugas PPS, PPK dan relawan KPU agar sering melakukan sosialisasi tata cara pencoblosan pemilu 2019," katanya.

BACA JUGA