Komite SMAN 1 Siberut Utara Bangun Toilet untuk Siswa

Komite SMAN 1 Siberut Utara Bangun Toilet untuk Siswa Tukang sedang membangun toilet untuk siswa SMAN 1 Siberut Utara

SIKABALUAN- Komite SMAN 1 Siberut Utara membangun toilet untuk siswa yang terdiri dari enam kloset. Pembangunan toilet ini disepakati pada musyawarah wali murid yang tergabung dalam Komite Sekolah Januari lalu untuk meningkatkan sarana sekolah.

"Karena sekolah saat ini mendesak untuk dibangun wc siswa dan dilihat dari kemampuan orangtua maka yang dibangun orangtua yaitu wc siswa, " kata Tarsisius Samanjolang, salah orang pengurus komite sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan pada Mentawaikita.com, 16 Februari 2019.

Dikatakan Tarsisius, berdasarkan rapat orangtua bersama sekolah ternyata dari 449 orang siswa yang ada, toilet yang tersedia dan layak pakai hanya satu unit yang terdiri dari dua kloset. Sehingga untuk penggunaannya tidak lagi terkontrol dan siswa mesti antrean. "Ada enam kloset tapi yang lainnya sudah tidak bisa dipakai sehingga orangtua memutuskan untuk membangun wc siswa dengan membayar iuran per siswa, " katanya.

Besaran iuran masing-masing siswa Rp50 ribu yang dikelola langsung oleh komite sekolah termasuk proses pembangunannya.

Kepala SMAN 1 Siberut Utara, Paulus Sikaraja dalam pertemuan dengan orangtua siswa mengatakan untuk pembangunan RKB (Ruang Kelas baru), toilet dan bangunan baru lainnya tidak dapat dibebankan anggarannya pada anggaran sekolah, seperti dana BOS.

"Berdasarkan aturan dan juknis yang ada sekolah tidak boleh membangun bangunan yang baru dari dana sekolah terkecuali untuk melakukan rehab. Sementara wc siswa sangat minim dan peran orangtua sangat diperlukan", katanya.

BACA JUGA