Ini Data Kerusakan Akibat Gempa di Mentawai

Ini Data Kerusakan Akibat Gempa di Mentawai Pembersihan puing-puing gereja GKPM Sikautek di Desa Taikako Kecamatan Sikakap yang rusak akibat gempa. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

PADANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai mengidentifikasi sejumlah kerusakan bangunan akibat yang berpusat di patahan megathrust Mentawai segmen Pagai, gempa yang terjadi pada Sabtu, (2/2/209). Diantaranya puskesmas, rumah ibadah, gedung sekolah dan ada juga sebagian rumah warga.

Amir Ahmari, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Mentawai menjabarkan beberapa bangunan yang berada di wilayah Kecamatan Pagai Selatan yang dikategorikan rusak berat yakni Puskesmas Malakkopa, mengalami kerusakan pada gedung rawat inap, gedung rawat jalan, rumah dinas kepala puskesmas, kemudian jembatan dan rumah para medis hanya mengalami rusak ringan.

Kemudian di wilayah Kecamatan Sikakap, fasilitas yang dikategorikan mengalami kerusakan berat yakni Gereja GKPM, SDN 02 Taikako dan kemudian ada 7 rumah warga di dusun Leleu Bukkuk, Desa Taikako.

Laporan kerusakan yang telah didentifikasi oleh tim BPBD Mentawai tersebut kemudian akan disampaikan kepada Kalaksa BPBD Mentawai diteruskan kepada kepala daerah (bupati).

“Laporan ini kita sampaikan kepada Pak Kalaksa, melalui Kalaksa kemudian diteruskan kepada kepala daerah atau Sekda, baru kemudian didistribusikan kepada OPD bersangkutan untuk ditindak lanjuti,” kata Amir kepada Mentawaikita.com, Jumat (9/2/2019).

BACA JUGA