Meski Rusak, Layanan Kesehatan di Puskesmas Malakkopa Tetap Berjalan

Meski Rusak Layanan Kesehatan di Puskesmas Malakkopa Tetap Berjalan Puskesmas Malakkopa di Pagai Selatan Kepulauan Mentawai yang rusak akibat gempa, Sabtu (2/2/2019). (Foto: Dokumentasi Mentawaikita.com)

MALAKKOPA—Puskesmas Malakkopa di Desa Malakkopa Kecamatan Pagai Selatan Kepulauan Mentawai  tetap membuka layanan kesehatan meskipun mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi Sabtu (2/2/2019).

"Gempa bumi Sabtu lalu mengakibatkan beberapa bagian bangunan puskesmas retak-retak  dan plafonnya jatuh ke bawah tapi pelayanan tetap kita buka 24 jam," kata Oroana, Kepala Puskesmas Malakkopa, Kecamatan Pagai Selatan, Kamis 7 Februari.

Ruang yang terdampak paling parah adalah Unit Gawat Darurat (UGD) yang tidak bisa dipakai lagi sehingga dialihkan ke ruang rawat jalan. Selain bangunan puskesmas, rumah dinas kepala puskesmas juga banyak terdapat retak-retak.

“Akibat retak tersebut saya tidak berani tinggal di sana, untuk sementara ini saya tinggal di rumah staf Puskesmas Malakkopa, selain itu kerusakan juga terdapat di jalan menuju Puskesmas Malakkopa, permukaan jalan banyak retak-retak,” katanya.

Ia berharap pemerintah secepatnya memperbaiki kerusakan mengingat layanan kesehatan harus tetap berjalan sementara mereka khawatir jika ada gempa berikutnya datang.



 

BACA JUGA