Masih Ada Nama Ganda dalam DPT Sikakap Kepulauan Mentawai

Masih Ada Nama Ganda dalam DPT Sikakap Kepulauan Mentawai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang dipajang di Kantor Desa Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Sejumlah nama ganda dan orang yang sudah meninggal masih terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Sikakap yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumlah DPT Sikakap, yang terdiri dari tiga desa yakni Sikakap, Matobe dan Taikako sebanyak 6.928 jiwa.

"Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dipajang di kantor Desa Sikakap masih ada nama ganda dan orang yang sudah meninggal, misalnya ada nama keluarga saya yang sudah meninggal," kata Mardan Sritoitet, Kamis (7/2/2019).

Ia berharap KPU Mentawai mengecek kembali nama-nama yang ganda dan orang yang sudah meninggal dan dihilangkan dari DPT.

Kepala Dusun Sikakap Barat, Haradet Sababalat, membenarkan adanya nama ganda dalam DPT di dusunnya. Bahkan juga ada warga yang sudah meninggal.

Menanggapi itu, Ketua PPK Kecamatan Sikakap, Jumadin Tanjung, mengatakan tujuan dipajangkan DPT di setiap dusun dan desa adalah supaya masyarakat bisa melihat langsung apakah ada nama ganda, nama yang meninggal dan nama yang belum terdaftar sebagai pemilih.

“Data DPT yang dipajang sekarang memang belum valid, data DPT ini terus diperbaiki, data DPT yang valid nanti diumumkan pada bulan Maret, sekarang ini para kepala dusun dilibatkan dalam pendataan sebab yang lebih mengetahui data warganya adalah para kepala dusun," katanya.

BACA JUGA