Warga dan Muspika Mulai Bersihkan Puing Gereja Sikautek

Warga dan Muspika Mulai Bersihkan Puing Gereja Sikautek Pembersihan puing-puing gereja GKPM Sikautek di Desa Taikako Kecamatan Sikakap yang rusak akibat gempa. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

TAIKAKO - Muspika Kecamatan Sikakap mulai membersihkan puing-puing Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) Dusun Sikautek Desa Taikako Kecamatan Sikakap Kepulauan Mentawai yang rusak berat akibat gempa Sabtu lalu. Gotong royong pembersihan puing-puing gereja dilakukan selama dua hari, Selasa (5/2/2019) hingga Rabu (6/2/2019).

"Berkat kerjasama semua pihak seperti Camat Sikakap beserta staf, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, TNI, Polisi, Pemerintah Desa Taikako, dan masyarakat Dusun Sikautek, semua puing-puing menara gereja GKPM Sikautek dapat kita bersihkan," kata Kapten INF. Putra Damanik, Rabu (6/2/2019).

Kapten INF Putra Damanik menyebutkan, tujuan gotong royong untuk membersihkan puing-puing menara GKPM Sikautek supaya masyarakat yang tinggal di sekitar gereja GKPM Sikautek tidak lagi merasa trauma sebab puing-puing gereja GKPM Sikautek sudah bersih.

Sejak rusak akibat gempa, jemaat gereja melakukan ibadah Minggu dan Senin di bawah tenda. "Melihat semangat dari warga dan jamaat GKPM Sikautek beribadah kita menjadi terharu juga. Padahal mereka baru tertimpa musibah kena guncangan gempa berkali-kali demi melaksanakan ibadah minggu mereka bergotong royong untuk mendirikan tenda tempat ibadah,” katanya.

Fran Karel, Kasi Pembangunan Kecamatan Sikakap, mengatakan kerusakan akibat gempa bumi sudah langsung dilaporkan oleh Camat Sikakap kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini datang pihak BPBD untuk langsung melihat ke lapangan akibat gempa, Sabtu (2/2/2019) dan bantuan untuk perbaikan gereja GKPM Sikautek Desa Taikako Kecamatan Sikakap dapat tersalurkan dengan cepat sehingga warga jamaat GKPM Sikautek tidak ibadah lagi di tenda," katanya.

Ketua Pengurus GKPM Sikautek, Trisno Sapalakkai mengucapkan terima kasih kepada muspika Kecamatan Sikakap yang telah bersedia melakukan gotong royong untuk membersihkan menara gereja GKPM Sikautek yang roboh akibat gempa bumi. "Kami warga jamaat GKPM Sikautek berharap agar pemerintah Kabupaten, Propinsi, maupun pusat agar dapat membantu secepatnya berdiri kembali gereja GKPM Sikautek," katanya.

BACA JUGA