Ruang Kelas Rusak Akibat Gempa, Siswa Kelas VI SDN 02 Taikako Belajar di Perpustakaan

Ruang Kelas Rusak Akibat Gempa Siswa Kelas VI SDN 02 Taikako Belajar di Perpustakaan Seorang siswa SDN 02 Taikako memperlihatkan lantai keramik sekolah yang lepas karena gempa Sabtu (2/1/2019) lalu. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

TAIKAKO--Ruang kelas VI SDN 02 Taikako di Dusun Silaoinan Desa Taikako. Kecamatan Sikakap rusak akibat gempa yang terjadi Sabtu (2/1/2019) membuat siswa kelas VI dipindahkan belajar ke ruang perpustakaan, Senin (4/2/2019).

 Kerusakan yang dialami sekolah, tonggak kanan kiri dinding kelas terpisah dari dinding selebar 10 cm, selain itu lantai keramik juga pecah dan retak. "Akibat gempa ruang kelas VI tidak kita pakai lagi untuk belajar, hal ini disebabkan tonggak kanan kiri dinding terpisah dari dindingnya, lebarnya ada sekitar 5 cm sampai 10 cm," kata T. Harefa, Kepala SDN 02 Taikako.

"Tujuan kita memindahkan siswa kelas VI belajar di perpustakaan adalah untuk menjaga keamanan siswa juga, seandainya terjadi gempa lagi tidak ada siswa yang terhimpit karena jatuhnya kayu, bangunan kelas VI dan lainnya sudah tua juga karena dibuat sejak 2008 pascagempa 2007," katanya.

Gempa beruntun yang mengguncang Mentawai dan berpusat di dekat Pagai pada Sabtu (2/2/2019) lalu menyebabkan sejumlah bangunan di Sikakap rusak, diantaranya data sementara: 11 unit rumah, satu gereja dan satu sekolah rusak, termasuk Puskesmas Malakkopa di Pagai Selatan. 

BACA JUGA